5 Fakta Unik seputar Hiu yang Jarang Diketahui

By Putri Puspita, Kamis, 6 April 2017 | 03:08 WIB
5 Fakta Seputar Hiu (Foto: nationalgeographic.co.id) (Putri Puspita)

Hiu dikenal sebagai ikan yang menyeramkan. Berikut adalah lima fakta unik seputar hiu, yang mungkin membuatmu berubah pikiran.

Tidur Lelap

Beberapa hiu memiliki spirakel, rongga kecil di belakang mata yang mendorong air masuk ke insang. Hal ini membantu mereka bisa tetap diam selama tidur. Bahkan, Hiu memiliki periode tidur lelap lebih banyak dari manusia. Mereka tampaknya "tidur sambil berenang", dan otak mereka menjadi tidak terlalu aktif meski tetap berenang.

Bertelur dan Melahirkan

Hiu memiliki cara berkembang biak yang berbeda-beda. Sebagian spesies hiu masuk golongan ovipar, artinya mereka bertelur. Sebagian lainnya adalah vivipar dan melahirkan anak.

Lebih dari 100 Tahun

Hiu termasuk hewan yang memiliki umur panjang. Belum ada yang mengetahui usia pasti hiu. Diperkirakan, hiu paus sebagai spesies hiu terbesar dapat hidup sekira 100-150 tahun. Rata-rata, hiu lain yang lebih kecil berusia 20-30 tahun.

Tidak berbahaya

Hiu identik dengan ikan pemangsa yang kejam. Faktanya, hanya sekitar 10 spesies hiu yang dianggap berbahaya bagi manusia. Meski termasuk predator, semua hiu tetap harus kita jaga untuk keseimbangan lingkungan.

Ancaman Manusia

Sebenarnya, manusia lebih menjadi ancaman untuk hiu ketimbang sebaliknya. Hal ini terjadi karena marakya penangkapan hiu dan kegiatan merusak alam laut.  

Manusia juga memotong sirip hiu dan kemudian melepaskan tubuh hiu kembali ke laut. Sejak 2009, pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan undang-undang perlindungan hiu untuk mengentikan praktik perburuan sirip hiu tersebut di AS.