Makanan Aman Untukmu

By Sylvana Toemon, Jumat, 7 April 2017 | 02:27 WIB
Makanan aman untukmu (Sylvana Toemon)

Berjam-jam belajar di sekolah pasti membuatmu lapar. Sebaiknya makan apa, ya?

Bawa Bekal

Makanan yang paling baik buatmu adalah yang kamu bawa sendiri dari rumah. Ya, bawalah bekal! Orang tuamu tentunya akan memberikan bekal makanan yang bersih dan bergizi untukmu. Kamu juga bisa menyiapkan sendiri bekalmu. Dengan menyiapkan bekal, kamu tahu bahan-bahannya dan cara menyiapkannya. Kamu juga bisa membawa makanan kesukaanmu. Asyik, kan?

Jajanan Sekolah

Tentu ada saatnya kamu ingin membeli jajanan. Apalagi orang tuamu memberikan uang saku yang cukup untuk membeli jajanan. Bagaimana cara memilihnya? Pilihlah jajanan yang terlihat bersih dan tidak berwarna mencolok. Apabila jajajan itu dikemas, pilihlah yang kemasannya tidak rusak. Kemasan makanan yang baik tidak menggunakan kertas bekas atau kertas koran. Perhatikan pula tempat menyiapkan makanan dan alat makannya. Pilihlah makanan yang dimasak di dapur yang bersih dan menggunakan peralatan makan yang bersih. Pilihlah pula makanan yang tidak mengandung zat-zat berbahaya seperti formalin, boraks, dan pewarna buatan.

Cek KIK

Selain makanan yang dimasak, ada juga makanan dan minuman dalam kemasan. Apa saja yang harus kita perhatikan? Nah, yang ini cukup mudah. Cukup cek KIK. Apa itu KIK?

  • Kadaluarsa. Tanggal kadaluarsa tercetak pada kemasan. Bila tanggal sudah terlewat, jangan memakannya.
  • Izin edar, yang dikeluarkan oleh BPOM RI.
  • Kemasan. Pilihlah makanan yang kemasannya tidak rusak (penyok, robek, atau bocor).

Narasumber: Dra. Elin Herlina, Apt., MP, Direktur Penilaian Keamanan Pangan Badan Pengawas dan Obat Republik Indonesia.