Lezatnya Tahu Kuning dari Kediri

By Danastri Permata Putri, Kamis, 6 April 2017 | 10:35 WIB
Tahu Kuning dari Kediri, Foto: Danastri (Danastri Permata Putri)

Tahu Kediri berwarna kuning. Yang membuatnya istimewa, tahu ini gurih di luar, tetapi lembut di dalam.

Tahu Kediri sudah ada sejak 1900

Tahu Kuning merupakan makanan khas Kediri, Jawa Timur. Tahu ini pertama kali muncul tahun 1900. Pelopor pembuat tahu kuning adalah tiga imigran dari Tiongkok yang memasuki wilayah Kediri. Mereka adalah Lauw Soe Hoek, Liem Ga Moy, dan Kaou Loung. Ketiga imigran ini membawa ilmu dari Cina untuk membuat Tahu Kediri. Sampai sekarang, keturunan mereka masih melanjutkan usaha tahu tersebut, lo!

Jenis air di Kediri seperti di Tiongkok

Kabarnya, para imigran tersebut memilih Kediri sebagai lokasi pembuatan tahu karena jenis air di Kediri hampir sama dengan di Tiongkok. Karena proses pembuatan tahu tidak mudah, jenis air memang harus diperhatikan. Jika airnya berbeda, maka hasilnya juga akan berbeda.

Tidak mudah hancur

Warna kuning tahu berasal dari rendaman airnya  yang diberi kunyit. Tahu ini sangat istimewa. Karena hanya sari yang paling kental saja yang digunakan untuk pembuatan tahu, sehingga kepadatan tahu ini lebih baik dibanding tahu putih, dan tahu tidak mudah hancur.

Bentuk dari tahu ini kotak persegi empat dan agak pipih. Teksturnya kenyal, halus, dan lembut. Rasanya gurih tanpa rasa asam. Jika digoreng, bagian luarnya akan berubah menjadi kering dan renyah. Tetapi bagian dalamnya tetap lembut dan kenyal, lo!

Pembuat tahu

Salah satu pembuat Tahu Kediri adalah Pak Gatot Siswanto. Pak Gatot sudah membuat tahu sejak tahun 1990 dan masih mengembangkan usahanya sampai sekarang. Proses pembuatan tahu Pak gatot dilakukan di rumahnya. Sehari, diperlukan 200 kg kedelai untuk membuat tahu. Hmm.. banyak juga, ya.

Cara membuatnya

Untuk pembuatannya, yang dilakukan pertama adalah merendam kedelai 2 sampai 3 jam. Setelah dicuci bersih, lalu kedelai digiling dan direbus. Setelah matang, kedelai disaring dan diberi bibit. Kemudian limbah cair dari kedelai tersebut dibuang. Nah, sekarang tahu siap untuk dicetak. Setelah dicetak, baru kemudia tahu diberi bumbu kunyit, agar warnanya menjadi kuning. Jadilah Tahu Kuning Kediri yang terkenal. Tahu ini bisa tahan sampai 2 minggu walaupun tidak menggunakan bahan pengawet.

Nah, kalau mampir ke Kediri, jangan lupa untuk membeli Tahu Kuning, ya!