Belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris Sambil Liburan

By Danastri Permata Putri, Jumat, 7 April 2017 | 03:11 WIB
Memasuki Kampung Inggris, Foto: Danastri (Danastri Permata Putri)

Kampung Inggris terletak di Pare, Kediri. Dinamakan Kampung Inggris karena daerah ini memiliki banyak tempat kursus bahasa Inggris. Di sepanjang jalan perkampungan ini, berjajar-jajar berbagai tempat kursus.

Pendiri pertama

Kalend Osen merupakan pendiri pertama Kampung Inggris di tahun 1977. Awalnya, ia berhasil membimbing dua muridnya hingga lolos tes bahasa Inggris. Setelah itu, Kalend Osen mulai membuka tempat kursus bahasa Inggris di rumahnya. Tidak lama, kursus bahasa Inggris di daerah rumah Kalend semakin bertambah, dan jadilah seperti Kampung Inggris sekarang ini.

Banyak program

Wilayah Kampung Inggris terdiri dari dua desa, yaitu Desa Palem dan Desa Tulungrejo. Pada November 2015, tercatat ada 100 lembaga kursus bahasa Inggris aktif, 110 lembaga kursus khusus liburan, dan 140 tempat kos dan asrama bahasa Inggris. Asrama bahasa Inggris ini juga punya program sendiri, lho. Misalnya saja di salah satu asrama bahasa Inggris Alfalfa. Di asrama ini ada program morning class, shock therapy, dan bedtime story.

Sampai mancanegara

Pengunjung di sini datang dari berbagai daerah. Dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, ada juga yang datang dari Malaysia, Thailand, Nigeria, dan Libia! Memang, Kampung Inggris tidak pernah sepi pengunjung. Setiap bulannya, ada sekitar 3.000 siswa yang belajar di kampung Inggris. Biasanya, mereka datang bersama teman-teman sekolah dan menginap bersama. Bisa mulai dari dua minggu, sampai berbulan-bulan.

Suasana yang asri

Suasana pedesaan yang nyaman membuat para pengunjung betah berlama-lama mengambil kursus di sini. Selain itu, pengunjung di Kampung Inggris datang berbagai daerah, jadi kita bisa mendapat teman dari Sabang sampai Merauke. Selain itu, program kursus yang ditawarkan juga bermacam-macam. Mulai dari grammar, speaking, persiapan TOEFL, IELTS, dan lainnya. Teman-teman kita biasanya berkunjung ke sini saat liburan sekolah. Jadi, mereka bisa belajar sambil berlibur.

Naik sepeda

Oh iya, untuk trasportasi, hampir semua siswa di Kampung Inggris menggunakan sepeda. Banyak persewaan sepeda di sepanjang jalan. Sepeda yang disewakan juga bermacam-macam, mulai dari sepeda gunung sampai sepeda kumbang.

Nah, apa kamu tertarik untuk belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris?