Inilah 3 Fakta Seputar Ikan Buntal yang Menggemaskan

By Yomi Hanna, Jumat, 7 April 2017 | 05:52 WIB
Ikan buntal jantan membuat rumah yang sangat indah. (Foto: hidupmulia.net) (Hanna Vivaldi)

Ikan buntal memiliki bentuk yang menggemaskan ketika dia menggembungkan tubuhnya menjadi bulat seperti bola. Inilah 3 fakta ikan buntal yang perlu kamu ketahui.

1. Menggembungkan tubuh 3 kali lebih besar

Cara ikan buntal melindungi diri dari serangan pemangsa lain adalah dengan mengeluarkan duri-duri serta menggembungkan tubuhnya. Perubahan tubuh ikan buntal ini akan membuat hewan lain yang ingin memangsanya menjadi takut lalu kabur.

Ikan buntal dapat menggembungkan tubuhnya hingga 3 kali lebih besar dari ukuran tubuh normalnya sehingga menyerupai bola berduri.

2. Membuat rumah yang indah

Sebagian dari spesies ikan buntal dapat membuat tempat tinggalnya sendiri. Seperti ikan buntal putih dan ikan buntal masked, keduanya bisa membuat tempat persembunyian atau rumah sendiri.

Ikan buntal putih jantan membuat rumahnya menggunakan pasir putih. Rumah yang berbentuk bulat seperti lapangan stadion dengan diameter 3 meter itu dibuat untuk tempat ikan buntal betina bertelur.

Pembuatan rumah itu menghabiskan waktu sembilan hari menggunakan dada dan sirip ekornya. Dan hasilnya sangat indah, tidak disangka rumah dari pasir tersebut ikan buntallah yang membuatnya.

Pada saat ikan buntal betina bertelur di tengah lingkaran rumah yang telah jadi, ikan buntal jantan akan menjaganya di sekitar rumah itu sampai telur-telur ikan buntal menetas.

3. Terancam punah

Ikan buntal adalah salah satu jenis ikan yang terancam punah. Ini dikarenakan adanya kerusakan alam dan perburuan ikan buntal yang dilakukan secara berlebihan.

Sekitar 40 tahun belakangan ini, populasi ikan buntal yang tersebar di perairan laut China, Jepang, dan Korea berkurang hingga 99 persen.

Selain itu, ikan buntal Canthigaster cyanetron yang hidup di perairan pulau Paskah juga terancam punah karena rusaknya terumbu karang di daerah pantai.

Selanjutnya ikan buntal readline dan ikan kerdil yang terdapat di Sungai Salib Nigeria juga termasuk jeni ikan buntal yang terancam punah.