Asal-Usul Bulu Tangkis

By Sylvana Toemon, Jumat, 7 April 2017 | 09:47 WIB
Asal-usul bulu tangkis (Sylvana Toemon)

Hampir seluruh orang Indonesia mengenal bulu tangkis. Bulu tangkis atau badminton sangat terkenal sebagai permainan ataupun cabang olahraga. Dari manakah sebenarnya asal permainan ini?

Permainan Tangkis Poona

Bulu tangkis adalah permainan menggunakan raket, kok, dan net. Caranya dengan menangkis kok menggunakan raket sampai melampaui net. Tentu saja memainkannya tidak boleh asal tangkis saja, ada teknik dan juga peraturannya.

Permainan tangkis ini ada yang menduga berasal dari India, Tiongkok, dan Mesir Kuno. Yang membuat permainan ini terkenal adalah orang Inggris. Permainan ini menjadi olahraga yang kompetitif saat dimainkan oleh tentara Inggris yang bertugas di Poona, India. Olahraga ini kemudian dikenal dengan nama poona.

Dimainkan di Badminton House

Permainan poona dibawa ke Inggris dan dimainkan pertama kali di Badminton House, tempat kediaman Duke of Beaufort di Glouchestershire di Inggris. Permainan ini kemudian dikenal sebagai badminton. Orang Inggris kemudian menyebarkan badminton ke seluruh dunia. Permainan ini dengan cepat menjadi terkenal sampai ke Indonesia. Kita mengenalnya sebagai bulu tangkis karena kok yang digunakan untuk permainan ini terbuat dari bulu.

Banyak Kompetisi

Saat ini bulu tangkis tidak hanya menjadi permainan. Ada banyak kompetisi bulu tangkis yang diadakan di seluruh dunia, mulai lokal sampai internasional. Ada banyak pula orang yang memilih bulu tangkis sebagai jalan hidupnya dengan menjadi atlet profesional. Nama Indonesia menjadi harum dengan banyaknya kompetisi yang dijuarai atlet bulu tangkis asal Indonesia. Cabang olahraga ini makin terkenal karena prestasi Indonesia di ajang internasional seperti di Olimpiade Rio 2016.