5 Manfaat Board Game

By Sylvana Toemon, Jumat, 7 April 2017 | 09:45 WIB
5 manfaat board game (Sylvana Toemon)

Kamu suka memainkan board game? Board game atau permainan dengan menggunakan papan permainan itu ternyata banyak manfaatnya bagi kita, lo. Apa saja, ya, manfaatnya?

1. Komunikasi. Pada saat bermain board game, tentunya kamu harus berkomunikasi dengan teman main. Kalian menjadi saling mengenal dan lebih akrab. Kamu juga bisa mengajak orang tua untuk bermain bersama. Wah, pasti seru!

2. Ketelitian. Untuk memenangkan permainan, kamu harus teliti mengamati. Kurang teliti dapat membuat salah langkah. Dari pengamatan yang teliti ini kemudian buatlah rencana. Tentunya kamu tidak mau, kan, kalah bermain karena kurang teliti?

3. Perencanaan. Sebelum memainkan, kamu pasti akan membuat rencana langkah selanjutnya. Perencanaan juga diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, lo. Sambil bermain, kamu juga belajar membuat rencana.

4. Kesabaran. Dalam memainkan board game, para pemain harus bermain bergantian. Menunggu giliran akan membuatmu berlatih untuk sabar. Pemainan pasti kurang asyik kalau ada pemainnya yang memaksa main saat bukan gilirannya.

5. Sportivitas. Dalam permainan selalu ada yang menang dan kalah. Itu adalah hal yang biasa. Sering bermain board game akan membuatmu terbiasa bersikap sportif dengan mengakui keunggulan lawan dan dapat menerima kekalahan.

Ada banyak sekali permainan dengan menggunakan papan permainan, antara lain catur, ular tangga, monopoli, ludo, dan halma. Kamu suka memainkan yang mana?