Ulat dan Kepik Mengeluarkan Bau Busuk

By willa widiana, Jumat, 7 April 2017 | 09:57 WIB
Larva kupu jeruk sayap panjang (willa widiana)

Setiap hewan punya cara berbeda saat melindungi diri mereka. Ada yang merubah warna dan bentuk, ada yang mengeluarkan racun, lalu ada juga yang mengeluarkan bau busuk. Tahukah kamu, serangga apa saja yang mengeluarkan bau busuk untuk melindungi dirinya?

Ulat

Larva kupu jeruk sayap panjang merupakan salah satu serangga yang melindungi dirinya dengan mengeluarkan bau. Saat ada musuh, ulat ini akan mengeluarkan tanduk yang ada di belakang kepalanya. Nah, tanduk itulah yang bertugas menyebarkan bau busuk dan menakuti musuh.

Kepik

Namanya kepik bau busuk. Saat ada musuh yang datang, serangga ini akan mengeluarkan cairan dari lubang di dekat kaki tengannya. Saat disemprotkan, cairan yang berasal dari kelenjar khusus itu akan berubah menjadi kabut dan mengeluarkan bau busuk.

Selain digunakan untuk melindungi diri, bau busuk ini juga digunakan untuk melindungi larva mereka. Meski begitu, ada beberapa hewan yang tidak mempan dengan bau busuk ini, misalnya: belalang sembah, ayam, dan kodok.

O ya, beberapa kepik yang hidup berkelompok di daun arrowroot  menggunakan semprotan bau untuk memperingatkan anggota lain jika ada musuh yang datang.

Foto: Creative Commons, edubio.info