Banyak Nama Indonesia Diabadikan di Silicon Valley, Pusatnya Teknologi Informasi Dunia

By Danastri Permata Putri, Minggu, 9 April 2017 | 10:13 WIB
Silicon Valley, Ilustrasi: nationofchange.org (Danastri Permata Putri)

Silicon Valley merupakan tempat perusahaan-perusahaan teknologi informasi seperti Google, Facebook, dan Yahoo berada.

Lembah silikon

Silicon Valley atau Lembah Silikon terletak di Amerika Serikat. Daerah ini dikenal sebagai penghasil industri teknologi informasi terbesar di dunia. Nama Silicon Valley pertama kali digunakan oleh Ralph Vaerst, seorang pebisnis sukses. Kemudian, temannya yang bernama Don Hoefler, menggunakan julukan itu dalam artikel berjudul “Silicon Valley in the USA”. Nama ini bukan nama resmi daerah tersebut lo, melainkan hanya julukan saja.

Asal usul nama

Nama Silicon Valley mulai dikenal pada tahun 1980. Kata valley yang berarti lembah berasal dari nama asli daerah tersebut, yaitu Valley of Heart’s Delight. Sedangkan kata silikon digunakan karena di daerah ini banyak perusahaan yang menggunakan silikon sebagi bahan dasar pembuatan teknologi mereka. Semakin lama, daerah ini semakin dipenuhi oleh perusahaan. Bahkan, perkebunan di daerah Silicon Valley telah banyak digantikan oleh bangunan-bangunan perusahaan.

Pusat teknologi informasi

Tahukah kamu perusahaan apa saja yang berada di Silicon Valley? Ternyata banyak sekali, lo. Seperti Google, Yahoo, Apple, Facebook, Youtube, dan masih banyak lagi. Pada awalnya, tidak banyak perusahaan yang berdiri di sini. Tapi karena perusahaan pertama berkembang dengan cepat di daerah ini, maka yang lain mengikuti.

Nama jalan Indonesia

Yang menarik, di Silikon Valley banyak jalan yang namanya diambil dari Indonesia. Ada jalan Java, yang terletak di dekat salah satu kampus Yahoo, tepatnya di kota Sunnyvale. Lalu ada jalan Sumatra, Timor, Borneo, dan Molucca. Molucca adalah bahasa Inggris dari kata Maluku. Wah, menarik, ya!