Kebun Bunga Matahari di Indonesia

By Petronela Putri, Senin, 10 April 2017 | 10:05 WIB
Bunga matahari (Foto: netz.id) (Petronela Putri)

Bunga matahari merupakan tumbuhan musiman, sebab di luar negeri bunga ini hanya bisa tumbuh di musim tertentu saja. Sekarang kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk melihatnya, karena kebun bunga matahari ternyata juga ada di Indonesia, lo!

Bunga raksasa yang selalu condong ke arah matahari

Bunga berwarna kuning cerah ini memiliki ciri tersendiri, yaitu selalu tumbuh condong ke arah matahari. Bunga matahari juga tumbuh dalam jumlah besar, bahkan sekelompok bunga matahari bisa terdiri dari bunga-bunga besar berdiameter kurang lebih 30 sentimeter serta tinggi 5 meter, yang dikelilingi ratusan bunga-bunga matahari lain dengan ukuran lebih kecil.

Habitat dan budidaya bunga matahari

Mulanya, bunga ini dilestarikan oleh orang Indian yang menetap di sebelah Utara Amerika. Sudah ribuan tahun mereka melakukan pembudidayaan bunga matahari sehingga bunga ini akhirnya menyebar luas ke luar Amerika sendiri.

Bunga matahari biasanya tumbuh di tanah yang hangat dan membutuhkan cuaca yang cerah agar pertumbuhannya lebih baik.

Kebun bunga matahari di Kediri

Yap! Kebun bunga matahari sekarang ada di Indonesia, tepatnya di daerah Kediri, Jawa Timur. Kebun ini terletak di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, dekat Universitas Kediri. Tujuan awal pembuatan kebun ini hanya untuk mengisi lahan kosong, tapi kemudian banyak pendatang baik dari dalam maupun luar Kediri ternyata menyukai kebun cerah berisi bunga matahari ini!

Untuk bisa masuk ke dalam kebun bunga, pengunjung bahkan tidak dipungut biaya, tapi kamu tetap bisa memberikan sumbangan seikhlasnya bagi penjaga kebun.

Jangan merusak tanaman

Bunga matahari harus rajin dipupuk dan diberi air, serta dirawat dengan baik. Oleh karena itu, pemerintah Kota Kediri memperbolehkan pengunjung untuk berfoto di kebun bunga tersebut, namun mengimbau agar pengunjung yang mampir ke kebun bunga tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak tanaman-tanaman yang ada di sana.

Wisata terdekat

Tak jauh dari kebun bunga matahari, ada sebuah goa bernama Goa Selomangleng. Jika kamu main ke Kediri, goa ini juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata.