Atraksi Pesawat Akrobatik TNI AU di Langit Jakarta

By Sylvana Toemon, Senin, 10 April 2017 | 09:45 WIB
Atraksi pesawat akrobatik TNI AU di langit Jakarta (Sylvana Toemon)

Hari Minggu, 9 April 2017 yang lalu, langit di atas Jakarta dihiasi oleh pesawat dan helikopter TNI AU yang berseliweran. Pesawat-pesawat itu tidak hanya sekedar lewat.

Hari Jadi TNI AU

Tanggal 9 April adalah hari yang bersejarah bagi TNI Angkatan Udara. Hari itu adalah peringatan hari jadi TNI AU. Selama bertahun-tahun, TNI Angkatan Udara selalu mengadakan atraksi pesawat akrobatik untuk memperingati hari jadinya. Hanya beberapa kali saja perayaan hari jadi ini tanpa perayaan pesawat akrobatik. Antara lain saat bertepatan dengan pemilu beberapa tahun yang lalu.

Pada peringatan tahun 2017 ini, TNI AU mengadakan serangkaian kegiatan, antara lain parade, defile (perarakan pasukan), demo udara, dan juga demo darat. Perayaannya dipusatkan di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Peringatan itu melibatkan 1600 orang tentara dan 132 buah pesawat.

Masyarakat menyaksikan

Peringatan ini juga dapat disaksikan oleh masyarakat, lo.  TNI AU sejak beberapa hari sebelumnya telah mengundang masyarakat untuk menyaksikan perayaan HUT-nya. Ada tempat terbuka yang khusus disiapkan bagi orang yang ingin menyaksikannya. Masyarakat dapat melihat langsung pesawat tempur yang digunakan untuk menjaga wilayah udara kita.

Salah satu yang paling menarik perhatian adalah atraksi Jupiter Aerobatic Team. Tim ini terdiri dari 6 orang pilot ahli yang mengemudikan 6 pesawat latih. Pesawat-pesawat ini bergerak dengan lincah membentuk aneka formasi. Tepuk tangan meriah berkali-kali terdengar saat pesawat-pesawat itu melakukan aksi menakjubkan. Atraksi terjun payung juga menarik perhatian banyak orang untuk memandang ke langit yang cerah di hari Minggu pagi itu.

Sumber: tni-au.mil.id, kompas.com