Ikan Punggung Duri, Membuat Sarang Seperti Burung

By willa widiana, Minggu, 13 Agustus 2017 | 07:50 WIB
Ikan Punggung Duri (willa widiana)

Kebanyakan ikan tidak membangun sarang. Mereka hanya mengandalkan akar atau batang tanaman air untuk meletakkan telurnya. Tapi, ikan punggung duri berbeda. Ikan ini membuat sarang, seperti burung.

Ikan Jantan

Ikan punggung duri yang membuat sarang biasanya ikan jantan. Mereka membuat sarang dari ranting dan akar tumbuhan air. Oiya, sarang yang mereka buat biasanya berbentuk bulat, mirip dengan sarang burung.

Setelah selesai dibuat, ikan punggung duri jantan akan  mengajak ikan punggung duri betina masuk ke dalam sarangnya. Nah, di dalam sarang itulah ikan punggung duri betina meletakkan telur-telur mereka yang berjumlah 20 hingga 30 butir.

Menjaganya

Setelah selesai bertelur, ikan punggung duri betina akan pergi meninggalkan sarang. Telur yang ada di dalam sarang pun menjadi tanggung jawab ikan punggung duri jantan hingga menetas. Oiya, ikan punggung duri jantan termasuk ayah yang baik, lo, Teman-teman.

Saat ada ikan lain yang mendekat, ikan punggung jumat pemilik sarang akan mengusirnya dengan segera. Setelah menetas, bayi punggung duri juga akan dijaga oleh ayahnya hingga cukup dewasa dan bisa hidup sendiri di alam liar. Baik, ya!

Ikan punggung duri biasanya memiliki sembilan duri di sepanjang punggungnya.

Ikan ini bisa hidup di air tawar dan air laut. Oiya, sarang yang mereka buat biasanya tidak jauh dari dasar sungai atau dasar laut.