Samudra Pasifik, Terbesar di Dunia

By Sylvana Toemon, Senin, 10 April 2017 | 10:25 WIB
Samudra Pasifik, terbesar di dunia (Sylvana Toemon)

Samudra Pasifik adalah samudra terbesar di dunia. Luasnya mencapai sepertiga planet yang kita huni ini.

Lautan Teduh yang tak selalu teduh

Samudra Pasifik disebut juga Lautan Teduh. Pasifik berasal dari kata pacififo, kata bahasa Spanyol yang berarti "tenang". Lautan ini memang terlihat tenang ketika Ferdinand Magellan berlayar ke sana pada tahun 1521.

Dalam kenyataannya, Samudra Pasifik tidak selalu tenang dan teduh. Badai juga terjadi di samudra ini. Gempa bumi dan gunung meletus juga kerap terjadi. Sebagian besar gunung berapi yang ada di Bumi terletak di Samudra Pasifik. Ada yang di bawah laut, ada juga yang terletak di pulau-pulau yang tersebar di samudra ini.

Penghubung Kutub Bumi

Samudra Pasifik ini dibagi oleh garis khatulistiwa menjadi bagian utara dan selatan. Perairan Samudra Pasifik menghubungkan kedua kutub Bumi. Samudra ini berbatasan dengan Benua Antartika di kutub selatan Bumi dan Benua Arktika di kutub utara Bumi. Bayangkan saja bagaimana luasnya samudra ini.

Banyak pulau

Di hamparan Samudra Pasifik yang sangat luas ini, banyak pulau-pulau kecil. Ada lebih dari 20 negara yang terletak di samudra ini. Negara-negara ini kebanyakan berbentuk negara kepulauan. Kepulauan Indonesia, Filipina dan Jepang adalah bagian dari samudra ini. Beberapa yang lain mungkin belum pernah kamu dengar namanya.