Mengapa Daun Berwarna Hijau?

By Marisa Febrilian, Senin, 10 April 2017 | 12:18 WIB
Kenapa daun berwarna hijau? (Marisa Febrilian)

Pernahkah kamu melihat warna daun? Tahukah kamu apa warna daun? Hijau. Yup, betuuul. Lantas, mengapa daun berwarna hijau?

Kenapa warna daun hijau?

Warna hijau daun dan rumput berasal dari sejenis pigmen bernama klorofil. Nah, klorofil ini menyerap cahaya matahari selama proses fotosintesis. Fotosintesis adalah salah satu proses alami yang paling penting di bumi. Selama Fotosintesis, tumbuhan dan pohon menggunakan cahaya matahari untuk mengubah karbondioksida di udara dan air menjadi gula kaya energi sebagai makanan. Itulah mengapa daun tampak lebih hijau saat musim panas.

Mengapa daun berubah warna pada musim gugur?

Mendekati musim dingin atau salju, proses fotosintesis tumbuhan melambat dan menghasilkan lebih sedikit makanan. Klorofil pada daun ikut memudar, sehingga warna merah dan jingga pun pada warna daun.

Mengapa kaktus punya duri, bukan daun?

Tumbuhan berduri ini telah berevolusi agar bisa hidup di gurun yang panas. Mungkin kamu akan berpikir kaktus punya duri, bukan daun untuk menusuk hewan gurun kelaparan yang mencoba memakan kaktus. Sayangnya, itu tidak benar. Duri itu digunakan untuk mencegah kaktus kehilangan air. Duri juga menangkap kelembapan dari kabut malam. Kelembapan duri itu kemudian berkondensasi menjadi tetesan air. Tetasan air lalu jatuh ke tanah dan diserap oleh akar. Dengan demikian, duri kaktus membuat hujan pribadi bagi tumbuhan.

Sekarang, sudah tahukan kenapa tumbuhan berwarna hijau?

Foto : creativecommons.org