Jalan Tol Pertama di Pulau Bali

By Putri Puspita, Selasa, 11 April 2017 | 02:50 WIB
Jalan Tol Bali Mandara (Foto: http://www.cepamagz.com) (Putri Puspita)

Jalan Tol Bali Mandara adalah nama jalan tol pertama yang ada di Bali. Ternyata Bali baru memiliki jalan tol pada tahun 2013.

Sepanjang 12,7 km

Jalan Tol Bali Mandara menghubungkan antara Benoa, Ngurah Rai Tuban, dan Nusa Dua. Jalan tol ini membentang sepanjang 12,7 km diatas laut. Jalan tol ini mulai dikonstruksi sekitar bulan Maret 2012 dan selesai sekitar bulan Mei 2013. 

Tol terapung

Selain jalan tol pertama di Bali, ternyata Jalan Tol Bali Mandara juga disebut-sebut sebagai  jalan Tol terapung pertama di Indonesia. Jalan tol ini terbilang unik dibanding jalan tol yang ada di Indonesia karena satu-satunya tol yang ada jalur sepeda motornya di ruas sisi kiri dan kanan.

Mendukung pariwisata

Ketika meresmikan tol ini, Presiden mengatakan bahwa keberadaan tol ini berkaitan dengan memajukan kualitas Bali sebagai tempat wisata berskala internasional. Selain itu, Bali menjadi lokasi yang sering dipilih untuk acara-acara kenegaraan.

Indah dari langit

Ketika naik pesawat menuju atau dari Bali, maka keindahan jalan tol ini akan terlihat. Dari atas langit, lika-liku konstruksi jalan ini dan laut di sekitarnya akan semakin jelas sebagai suatu ikon provinsi Bali yang indah.