Kopi untuk Anak-Anak, Tidak Membuat Jadi Bodoh

By Putri Puspita, Selasa, 11 April 2017 | 05:49 WIB
Bolehkah anak-anak minum kopi? (Foto: kompas.com) (Putri Puspita)

Banyak yang mengatakan bahwa anak-anak tidak boleh minum kopi. Minuman satu ini dianggap berbahaya bila dikonsumsi oleh anak-anak, bahkan dianggap menyebabkan anak jadi bodoh. Benarkah?

Ketagihan

Efek kopi pada anak sama saja dengan yang terjadi pada orang dewasa. Tidak ada yang salah dengan kopi sebetulnya. Namun, kopi dapat menimbulkan ketagihan. Ketika kopi sudah menyebabkan ketagihan maka akan sulit dihentikan. Maka dari itu disarankan untuk tidak sering minum kopi atau bahkan tidak mulai mengonsumsi kopi ketika masih anak-anak.

Hiperaktif

Efek tidak menyehatkan dari minuman sejenis kopi (adverse effect) adalah bahwa minum kopi untuk waktu lama pada anak bisa menimbulkan keadaan hiperaktif (hyperactivity) akibat pengaruh kafein.Hal ini membuat kopi dianggap tidak baik dikonsumsi oleh anak-anak.

Tidak menyebabkan bodoh

Kopi sebenarnya tidak menyebabkan bodoh. Namun, efek ketagihan inilah yang membuat sebaiknya anak tidak mulai mengonsumsi kopi.

Memutuskan dengan bijak

Tentu saja zat-zat di dalam kopi juga memiliki khasiat tertentu, bahkan dianggap membantu mencegah kanker kandung kemih. Jadi, terserah masing-masing keluarga untuk memutuskan apakah anak boleh minum kopi dengan segala pertimbangan positif dan risiko yang ada.