Nikmatnya Ayam Betutu Khas Bali

By Putri Puspita, Selasa, 11 April 2017 | 02:07 WIB
Ayam betutu yang dimasak dengan dipendam dalam sekam panas. Foto: Ricky Martin | Bobo.ID (Putri Puspita)

Ayam betutu menjadi kuliner lezat khas Bali yang dimasak dengan cara yang unik. Makanan satu ini sering dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Bali.

Berasal dari Gianyar

Ayam betutu adalah makanan khas Bali yang berasal dari Gianyar, namun kini tersebar di seluruh daerah di Bali. Pelopor ayam betutu adalah Ni Wayan Tempeh pada tahun 1976.

Pada zaman dahulu, betutu hanya disajikan pada upacara keagamaan saja, namun kini semua orang bisa mencicipinya. Begitu disajikan, sebaiknya langsung dinikmati karena betutu tidak tahan lama.

Membuat ayam betutu

Meskipun namanya ayam betutu, tetapi bahan baku yang digunakan bisa ayam atau pun bebek.  Cara memasak ayam betutu sangat unik karena bumbu akan dimasukkan ke dalam bagian perut ayam atau bebek. Nantinya, ayam atau bebek akan dibungkus menggunakan daun pisang beserta pelepah pisangnya sehingga lebih harum aroma ayamnya.

Sebelum dibakar menggunakan sekam, bungkusan ayam akan ditanam masuk menuju lubang di dalam tanah dan ditutup menggunakan bara api tersebut. Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk memperoleh cita rasa ayam yang empuk, gurih, bau aroma sekam bakaran yang unik.

Sekarang bisa dengan oven

Cara memasak dengan sekam mulai ditinggalkan karena dianggap tidak praktis. Cara lain yang digunakan, yaitu dengan membungkus ayam menggunakan daun pisang dan dikukus selama satu jam. Setelah dikukus, ayam kemudian dimasukkan menuju oven dan dipanggang hingga matang.

Oleh sebab itu, ada sedikit kekurangan ayam betutu pada jaman dahulu dengan sekarang, dimana aroma bakaran sekam tidak lagi bisa tercium dan memberikan rasa tambahan pada ayam yang dimasak.