Khasiat Bawang Putih Melawan Berbagai Macam Penyakit

By Putri Puspita, Selasa, 11 April 2017 | 03:08 WIB
Khasiat Bawang Putih (Foto: kompas.com) (Putri Puspita)

Bawang putih adalah bahan yang biasa ada di dapur. Selain sebagai penyedap rasa pada makanan, ternyata bahan ini juga memiliki khasiat melawan berbagai macam penyakit. Penyakit apa saja?

1. Kanker

Bawang putih layak disebut sebagai herbal/tanaman anti kanker, kandungan sulfida alil terdapat dalam bawang putih yang menyebabkannya sebagai herbal anti kanker. Kandungan ini  menghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi karsinogen yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker payudara.

2. Tekanan darah tinggi

Riset menunjukkan bahwa bawang putih efektif menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%. Bahkan efek dari bawang putih ini dapat menurunkan tekanan darah pada orang normal.  

3. Kolesterol jahat

Bawang putih ternyata mampu menurunkan kolesterol jahat. Ia mampu memangkas LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh secara signifikan. Berbagai riset membuktikan bahwa bawang putih dapat memangkas LDL sebanyak 10-15%.

4. Demensia dan alzheimer

Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Suplemen bawang putih terbukti meningkatkan enzim antioksidan pada manusia dan mengurangi stres oksidatif pada pasien dengan tekanan darah tinggi.

Manfaat gabungan seperti pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat membantu mencegah penyakit otak umum seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

5. Sakit gigi

Sifat anti virus serta bakteri yang ada pada bawang putih dapat membasmi dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu, bawang putih mengandung analgesik untuk mengatasi sakit gigi.