Craco, Kota Mati di Italia

By Marisa Febrilian, Selasa, 11 April 2017 | 05:51 WIB
Craco Kota Mati di Italia (Marisa Febrilian)

Sejak bencana  itu datang, kota ini berubah menjadi kota mati. Kemana para penduduknya pergi, ya?  

Di Italia

Kota Craco adalah kota yang berada di daerah Basilicata, provinsi Matera, Italia. Letaknya sekitar 40 km dari teluk Taranto. Teluk Taranto berada di bagian selatan Italia. Kota Craco terletak di atas bukit, dengan ketinggian  391 mdpl. Luas kota ini sekitar 76 km2. Ciri khas kota Craco terlihat dari bentuk tanahnya yang bergelombang dan banyak ditanami gandum.

Wabah mematikan

Sekitar tahun 1277-1561, penduduk kota Craco meningkat pesat. Jumlah mencapai 25.900 jiwa. Pada saat itu, kota Craco mengalami masa kejayaannya. Sayangnya, kejayaannya kota Craco tak berlangsung lama, tahun 1656 wabah mematikan melanda kota ini. Sehingga ratusan penduduk di kota ini meninggal dunia dan membuat penduduk kota Craco semakin berkurang.

Ditinggalkan penduduknya

Setelah wabah mematikan itu melanda, kota Craco diguncang gempa dan tanah longsor. Kejadian ini membuat penduduk kota Craco melakukan imigrasi (perpindahan penduduk negara lain ke negara tertentu untuk menetap). Kebanyakan penduduk kota Craco bermigrasi ke Amerika Utara. Ditambah lagi dengan keadaan tanah di kota ini sudah tidak lagi subur seperti sebelumnya.

Dikenal sebagai kota mati

Nah, sejak saat itu, kota Craco menjadi kota yang tak berpenghuni. Kota Craco dikenal sebagai kota mati. Meskipun sudah ditinggalkan penduduknya, kota mati ini malah dijadikan sebagai tempat wisata. Banyak wisatawan yang tertarik melihat keunikan arsitektur bangunan di kota itu. Bangunan yang hancur akibat  gempa, menjadi daya tarik wisatawan.

Kota Craco sering dipakai sebagai latar belakang pembuatan film, lo. Hayo, siapa yang berani mengunjungi kota mati ini?

Foto : creativecommons.org