Kumbang Kura-kura yang Cantik

By Syanne Ayuresta, Rabu, 12 April 2017 | 22:21 WIB
Sumber foto: biodiversitywarriors.org (Syanne Ayuresta)

Kumbang kura-kura memiliki warna berkilau yang menyolok. Manusia meniru bentuk kumbang ini sebagai bentuk perhiasan.

Bisa berubah warna

Kumbang kura-kura memiliki kemampuan untuk mengubah warna. Kelebihan untuk mengubah warna penampilan tersebut membuat kumbang ini aneh bagi pemangsa, sehingga pemangsa tidak tertarik atau ragu-ragu mendekatinya.

Seperti sayap serangga lainnya, sayap kumbang kura-kura transparan. Namun, uniknya sayapnya berkilau jika terkena cahaya. Hal tersebut disebabkan oleh pembiasan cahaya yang terjadi saat cahaya melewati celah pada bagian dalam sayap. Namun, kilauan sayap ini akan menghilang apabila kumbang kura-kura mati.

Stategi pertahanan hidup

Tubuh larva kumbang kura-kura memiliki bentuk seperti centong nasi. Pinggiran tubuhnya dikelilingi dengan tonjolan yang lancip. Larva kumbang suka hidup menempati kulit kepompong yang sudah mati. Di dalam kulit kepompong bekas inilah larva kumbang bertahan hidup.

Larva kumbang meletakan kotorannya yang berbau tidak sedap di atas kepompong mati untuk  menyembunyikan bau larva. Kotoran larva ini memiliki kandungan zat beracun dari daun yang mereka makan. Racun tersebut membantu mereka untuk mengusir pemangsa. Sekilas bentuknya mirip seperti kotoran burung.