Kota Vatikan, Sebuah Negara Dalam Negara

By Sigit Wahyu, Selasa, 11 April 2017 | 12:00 WIB
Kota Vatikan. Sumber foto: airpano.com (Sigit Wahyu)

Kota Vatikan adalah sebuah negara. Negara ini terletak di atas Bukit Vatikan di sebelah Barat Laut kota Roma, Italia. Dengan kata lain, Vatikan adalah negara di dalam negara Italia.

Istana Paus

Antara Kota Vatikan dan Italia dibatasi tembok kota sepanjang 3,2 km. Tembok itu dulu dibangun untuk melindungi Paus. Paus adalah pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia. Sejak berabad-abad lampau, Paus selalu tinggal di Kota Vatikan. Beliau ting gal di Istana Kepausan yang terletak dekat Basilika Santo Petrus.

Paus bukan cuma pemimpin agama. Paus juga kepala negara Vatikan. Seperti umumnya sebuah negara,  Vatikan juga menjalin hubungan diplomatik dengan negara lain. Oleh sebab itu Vatikan juga memiliki kedutaan besar di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Bangunan yang megah 

Kota Vatikan terkenal dengan bangunan-bangunan megah di dalamnya. Kebanyakan bangunan itu telah dibuat berabad lalu oleh seniman-seniman hebat waktu itu. 

Basilika Santo Petrus, selain besar, penuh dengan lukisan, patung-patung, dan karya seni tak ternilai harganya. Demikian pula dengan Kapel Sistine yang langit-langitnya dilukis oleh Michaelangelo.

Kota Vatikan juga memiliki perpustakaan hebat. Perpustakaan ini merupakan salah satu yang tertua, terlengkap, dan tercanggih di dunia. Perpustakaan Vatikan memiliki lebih dari 75.000 manuskrip dan lebih dari 1 juta buku.

Vatikan juga memiliki kumpulan museum yang diberi nama Museum Vatikan. Bangunannya megah. Isinya? Benda-benda seni tak ternilai. Mulai dari patung, lukisan, vas, sarkofagus, tempat lilin, dan banyak lagi. Umur museum ini sudah lebih dari 500 tahun, lo. Taman Menghampar

Lebih dari separuh wilayah Kota Vatikan terdiri dari taman. Konon, tanah taman itu diambil dari Bukit Golgota. Itulah bukit tempat Yesus Kristus atau Isa al-Masih disalib. Taman Vatikan amatlah indah. Beberapa bangunan dan benda-benda seni menambah keindahan taman.

Keunikan Kota Vatikan

Kota Vatikan merupakan negara termungil di dunia, lo! Luasnya hanya 44 hektar saja. Penduduknya pun hanya 800 orang! Hm... bahkan lebih sedikit dari jumlah penduduk di kelurahanmu.

Keunikan Kota Vatikan juga terlihat dari tentaranya. Nama tentara Kota Vatikan adalah Garda Swiss. Untuk menjadi Garda Swiss tidaklah mudah. Selain harus Katolik dan lulus tes, juga harus pria berkewarganegaraan Swiss. 

Yang paling menarik dari Garda Swiss tentu saja seragamnya. Seragam mereka seperti tentara zaman tahun 1500-an. Tak heran banyak turis ingin berfoto bersama mereka. Tetapi, jangan coba-coba cari masalah. Sebab setiap anggota Garda Swiss sangat terlatih. Di tangan merekalah keamanan Kota Vatikan dan keselamatan paus dibebankan.

Ingin ke Kota Vatikan tetapi tak punya visa? Tenang. Kamu bisa masuk Kota Vatikan memakai visa Italia. Itu dia satu lagi keunikan Kota Vatikan.

Sumber: Bobo 37/XXXVII, Teks: Pipit, Sumber foto: vaticanstate.va, viator.com, tempo.co