Persahabatan Anemon dan Ikan Badut

By willa widiana, Minggu, 13 Agustus 2017 | 07:05 WIB
Persahabatan Ikan Badut dan Anemon. (willa widiana)

Anemon merupakan hewan laut yang memiliki tentakel penyengat, seperti ubur-ubur. Tentakel itu berfungsi sebagai alat untuk menarik perhatian ikan. Tetapi, ikan badut sangat bersahabat dengan tentakel itu.

Duri Berbisa

Saat ada ikan menghampiri tentakel anemon, duri berbisa yang tersembunyi di dalam kantung kecil akan keluar. Ikan yang sudah terkena duri itu biasanya tidak akan bisa bergerak. Jika sudah begitu, ikan akan dimasukkan ke dalam tubuh anemon untuk dicerna. Jika sudah kenyang, anemon akan mengeluarkan ikan yang ia makan.

Sahabat Ikan Badut?

Kamu pasti pernah melihat ikan badut berenang di sekitar anemon. Kenapa mereka tidak tersengat, ya? Ternyata, tubuh ikan badut dilindungi oleh lapisan lendir. Lapisan lendir itu tidak bisa ditembus oleh duri beracun yang dimiliki anemon. Nah, hal itulah yang membuat ikan badun baik-baik saja, meski berada di sekitar anemon laut.

Tempat Berlindung

Beberapa ikan mungkin tidak suka dengan tentakel anemon, tapi tidak dengan ikan badut. Bagi ikan badut, tentakel anemon merupakan tempat berlindung yang cukup aman. Bahkan, saat dikejar oleh pemangsa, kebanyakan ikan badut akan berlindung dibalik tentakel anemon. Jika sudah begitu, predator akan berhenti mengejar ikan badut.

Oiya, jika lapisan lendir pada tubuh ikan badut dilap, maka tentakel anemon bisa menembus tubuh ikan badut dan ikan badut pun akan bernasib sama dengan ikan lainnya.