Jackal, Hewan Penuh Kejutan

By Marisa Febrilian, Selasa, 11 April 2017 | 10:45 WIB
Jackal, Hewan Penuh Kejutan (Marisa Febrilian)

Berkaki empat, tubuhnya ditumbuhi bulu-bulu, ia termasuk hewan karnivora. Sst, ada kejutan tentang hewan ini, lo.

Asal-Usul

Ini dia kejutan pertama, jackal punya bentuk tubuh yang mirip dengan serigala dan anjing. Wow! Kenapa bisa begitu, ya? Menurut para ahli, jackal dan serigala sebenarnya adalah cikal bakal lahirnya anjing. Mereka bertiga berasal dari keluarga yang sama, yakni Canidea. Konon, jackal disebut-sebut sebagai induk dari anjing, lo.

Dijuluki ‘Serigala Baru Afrika’

Nah, jackal punya kejutan lainnya. Selain disebut sebagai induk anjing. Ternyata pada abad ke-19 ada sebuah penelitian, yang menunjukkan kalau jackal dikategorikan sebagai spesies baru. Karena itu, jackal dijuluki sebagai ‘Serigala Baru Africa’. Menurut ilmuwan, jackal termasuk kelompok serigala abu-abu. Sebelumnya, jackal dikelompokkan ke dalam sub spesies anjing hutan Mesir dan anjing hutan emas. Sst, tetapi jackal tidak hanya ditemukan di Mesir, lo. Ia bisa juga ditemukan di Ethiopia.

Banyak jenisnya

Kejutan selanjutnya dari jackal, adalah keanekaragaman jenis jackal inilah yang membuat ia tersebar di berbagai negara. Misalnya, golden jackal lebih banyak ditemukan di Timur Tengah, lalu ada side striped jackal lebih banyak tinggal di Afrika Tengah. Sedangkan simien jackal, sering ditemukan di Ethiopia. Dan black-backed jackal dianggap sebagai anggota tertua dalam keluarga Canidea banyak ditemukan di Afrika Selatan.

Wah banyak sekali kejutan dari hewan ini. Semoga jackal tidak cepat punah, ya!