Robot Humanoid yang Mirip Manusia

By Danastri Permata Putri, Selasa, 11 April 2017 | 10:46 WIB
Robot Humanoid, Ilustrasi: MLDspot (Danastri Permata Putri)

Sekarang, teknologi berkembang semakin canggih. Manusia membuat robot untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bentuknya macam-macam, salah satunya robot humanoid, robot yang dibuat mirip seperti manusia.

Mirip manusia

Robot humanoid adalah jenis robot yang mirip manusia. Tidak hanya penampilannya, tetapi juga tindakannya. Robot ini dapat melakukan interaksi dengan peralatan ataupun lingkungan. Robot humanoid umumnya memiliki kepala, dua lengan, dan dua kaki. Namun, ada beberapa robot humanoid dibuat hanya sampai bagian tubuh saja. Wajah robot ini terkadang juga dilengkapi dengan mata dan mulut, lo!

Bisa menari

Lalu, untuk apa ya, robot ini diciptakan? Robot ini dilengkapi kecerdasan buatan dalam program sistem kerjanya. Robot humanoid dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu yang biasanya dilakukan oleh manusia, seperti memasak, membersihkan rumah, dan lainnya. Contohnya, robot humanoid buatan Jepang yang diberi nama HRP-4C Dance 2/2. Walaupun gerakannya masih kaku, tapi robot ini dibuat untuk menari.

Tidak mudah

Untuk membuat robot humanoid tentu tidak mudah. Kita harus mengetahui struktur dan perilaku manusia agar dapat menciptakan robot jenis ini. Robot humanoid ini terdiri dari bagian badan, perasa atau sensor, penggerak atau alat gerak, serta perancangan pengaturan atau program and control.

Robot Asimo

Konsep robot humanoid pertama kali dibuat oleh Leonardo da Vinci pada tahun 1495. Ia membuat robot ini dari besi yang dapat berjalan seperti manusia. Sayangnya, proyek itu tidak berjalan lancar. Pada tahun 2000, perusahaan Honda mengembangkan robot bernama Asimo. Robot ini bisa mengenali obyek, gerak tubuh, suara, dan wajah.

Asimo, bahkan dapat berinteraksi dengan manusia. Robot Asimo mempunyai pinggang, lutut, dan persendian kaki. Salah satu kelebihan lain yang dimiliki oleh Robot Asimo adalah robot ini mampu menoleh tanpa harus berhenti terlebih dahulu. Tinggi Asimo mencapai 1,3 meter. Sekilas, robot ini nampak seperti anak kecil yang mengenakan kostum astronot.