Gigitan Semut Peluru, Tidak Hilang Sampai 24 Jam

By Iveta Rahmalia, Selasa, 11 April 2017 | 11:59 WIB
Gigitan Semut Peluru. (Creative Commons)

Semut bernama latin Paraponera clavata punya gigitan yang amat menyakitkan. Saking sakitnya, gigitan semut ini diandaikan seperti tertembak peluru! Itulah sebabnya ia dinamakan semut peluru.

Sakit selama 24 jam

Semut peluru berukuran 18-25 milimeter. Warnanya hitam kecoklatan. Tempat tinggal semut peluru ada di sekitar Nikaragua sampai cekungan Amazon. Semut peluru juga dijuluki sebagai hormiga veinticuatro. Nama itu berasal dari bahasa Spanyol, artinya semut 24. Dijuluki seperti itu, karena jika terkena gigitanya, kita akan merasakan sakitnya sampai 24 jam. Ngeri!

Ritual anak laki-laki

Suku Satere-Mawe di pedalaman Amazon memiliki ritual yang unik sekaligus menyeramkan dengan menggunakan semut peluru. Anak laki-laki yang sudah masuk ke masa dewasa harus memasukkan tangannya ke dalam sarung tangan yang berisi semut peluru. Tidak main-main, mereka harus memasukkan tangan selama 10 menit, sebanyak 20 kali. Mereka  harus menahan rasa sakit dari gigitan semut peluru tanpa berteriak.  Racun yang dikeluarkan semut peluru melalui gigitannya itu akan membuat para anak laki-laki itu lumpuh sementara. Tubuh mereka juga akan gemetaran selama beberapa hari.

Untunglah, semut ini tidak tinggal di Indonesia, teman-teman...