Wih! Ada Kereta Lambat Vs Kereta Cepat

By Marisa Febrilian, Rabu, 12 April 2017 | 02:31 WIB
Kereta adalah salah satu transportasi darat (Marisa Febrilian)

Ini dia salah satu transportasi darat yang banyak sekali peminatnya. Namanya kereta. Sst.. tahukah kamu kalau kereta memiliki jenis yang beragam? Hmm.. ada apa saja ya?

Kereta Terlambat

Apa rasanya, ya kalau naik kereta tidak ada pemandangan yang indah, lalu keretanya berjalan lambat. Hmm.. pasti sedikit membosankan, ya. Eits, tapi tak perlu khawatir, kalau naik kereta lambat yang satu ini. Namanya Glacier Express.

Kereta ini adalah kereta wisata yang menyusuri pengunungan Alpen di Swiss. Kereta ini berjalan dengan kecepatan 80 km/jam ini menempuh perjalanan sejauh 180 mil. O ya kereta ini di desain dengan jendela kaca yang terletak di sisi dan atas kereta. Tujuannya, supaya para wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan pemandangan di sekitar pengunungan.

Whuiiiihh pantas saja, kereta ini berjalan lambat. Sst, selain dijulukki sebagai kereta terlambat di dunia, rute kereta ini telah dicantumkan sebagai situs Warisan Dunia Unesco tahun 2008 lalu, lo.

Kereta Tercepat

Kalau tadi kereta terlambat, sekarang ada kereta tercepat di dunia. Namanya kereta TGV. Kepanjangan dari Train à Grade Vitesse, artinya adalah kereta kecepatan tinggi. Kereta TGV juga suka disebut sebagai kereta peluru, karena kereta ini berjalan secepat peluru. Hi..hi.. O ya, kereta peluru ini diproduksi di Perancis.

Kereta ini sudah memecahkan rekor sebagai kereta tercepat, dengan kecepatan 574, 8 km/jam. Wow! Kereta ini diresmikan sejak tahun 1980-an, TGV melayani rute dari Lyon menuju Paris. Seiring berjalannya waktu, kereta ini semakin banyak peminatnya, dan rutenya kemudian ditambah ke kota lainnya.

Nah, kalau teman-teman lebih suka naik kereta apa? Yang cepat sampai atau yang lambat tapi bisa melihat pemandangan indah? Hi..hi..hi..  

Foto Ilustrasi : Ode*