Komikus Indonesia yang Mendunia

By Marisa Febrilian, Rabu, 12 April 2017 | 02:01 WIB
Komikus Indonesia yang Mendunia (Marisa Febrilian)

Bukan hanya di dalam negeri, karya komiknya juga diminati di dunia. Yup! Komikus Indonesia ini, mendunia lewat goresan gambar yang dibuatnya. Siapa saja mereka?

1. Adrian Syaf

Komikus yang satu ini, berasal dari Desa Tenggur, Kabupaten Tulungaggung, Jawa Timur. Kak Aan, panggilannya, ia sudah suka dengan komik sejak kecil. Kata Kak Aan, kecintaannya terhadap komik itu dimulai saat ia mendapatkan hadiah komik dari majalah Bobo.

Sejak saat itu, kak Aan bercita-cita ingin menjadi seorang komikus. Karya Kak Aan telah diakui oleh penerbit komik terkenal di Amerika Serikat, seperti DC Comics. Dan benar saja, dari goresan tangannya, lahirnya jagoan super, seperti  batman dan spiderman.  

Kak Aan lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV) menggarap beberapa komik legendaris, seperti Batman, Spiderman, Batgirl, dan Green Lantern.

Di DC Comics, Kak Aan berperan sebagai penciler. Penciler adalah istilah untuk menyebut komikus yang menerjemahkan naskah ke dalam bahasa gambar.Wah, keren! Sukses terus, ya, kak..

2. Chris Lie

Cerita yang sama juga datang dari komikus yang lahir di Solo, Kak Chris Lie. Hasil gambar buatan Kak Chris juga disukai oleh komik terkenal di Amerika Serikat. Seperti G.I Joe, Return to Labirynth, The Tales, Transformer merupakan hasil karya anak bangsa. Hobi dan bakat menggambarnya tidak perlu diragukan lagi. Ia menjadi lulusan terbaik saat berkuliah di jurusan Arsitektur dulu. Hebat!

3. Is Yuniarto

Sama halnya dengan kisah sukses dari seorang komikus asal Indonesia, Is Yuniarto, si pembuat komik Garudayana ini berhasil membawa karyanya sampai ke negeri Sakura. Komik buatannya sangat kental dengan nuasa Indonesia. Meskipun begitu, karya Kak Is berhasil diterima oleh pembaca dunia. Keren!

Wah hebat! Siapa yang mau jadi komikus seperti mereka?

Foto Ilustrasi : Ode*