Festival Up Helly Aa yang Meriah

By Danastri Permata Putri, Rabu, 12 April 2017 | 03:24 WIB
Festival Up Helly Aa, Foto: shetland.org (Danastri Permata Putri)

Up Helly Aa adalah sebuah festival yang terkenal. Ini adalah festival Viking yang diselenggarakan setiap tahun di Skotlandia.

Mengenang bangsa Viking

Viking adalah sebuah suku bangsa dari Skandinavia. Mereka dikenal sebagai penguasa laut. Dulu, bangsa ini bekerja sebagai pedagang, peladang, dan yang paling terkenal adalah sebagai perompak! Up Helly Aa adalah festival yang bertujuan untuk mengenang mereka.

Budaya yang melekat

Festival ini diselenggarakan di Pulau Shetland yang terletak di Skotlandia. Dulu, daerah ini dijajah oleh orang-orang Viking pada abad ke-8. Daerah ini pernah menjadi bagian dari Norwegia hingga tahun 1472. Karena penjajahan berlangsung selama ratusan tahun, maka budaya bangsa Viking ini memiliki dampak yang cukup besar pada daerah ini, walaupun sekarang daerah ini telah menjadi wilayah Skotlandia.

Festival yang meriah

Pelaksanaan Up Helly Aa selalu meriah. Di festival ini, orang-orang berdandan dengan memakai kostum seperti orang-orang Viking. Keren sekali. Mereka jadi mirip pasukan yang siap perang! Untuk melengkapi kemeriahan festival, mereka juga menyanyikan lagu para pelaut dengan serempak.

Membakar kapal

Festival ini berlangsung selama sepanjang hari. Orang-orang yang mengikuti festival, berparade melalui Lerwick, ibukota provinsi Shetland dan menuju laut. Di sana mereka membakar sebuah kapal sebagi bentuk aksi teatrikal. Kapal ini dibakar dengan 1000 obor.

Pemandangan yang idah

Biasanya pada saat kapal di bakar, langit sudah menjadi gelap. Ini merupakan pemandangan yang sangat indah. Nyala api dari kapal sangat kontras dengan gelapnya malam. Setelah perahu tersebut hangus, mereka kembali ke balai kota dan menutup festival.

Sampai sekarang, festival ini sendiri merupakan tradisi yang dijaga baik oleh para penduduk Pulau Shetland.