3 Alasan Kita Harus Sikat Gigi Malam

By Syanne Ayuresta, Rabu, 12 April 2017 | 04:50 WIB
Kuman perusak gigi. Ilustrasi: Ode | Bobo.ID (Syanne Ayuresta)

Menyikat gigi adalah sebuah kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Namun, kita kadang lalai untuk sikat gigi malam, sebelum tidur. Padahal, sikat gigi malam sangat penting bagi kesehatan gigi kita. Berikut ini 3 alasan mengapa kita harus sikat gigi malam.

1. Produksi liur berkurang akan membuat gigi berlubang

Saat kita tidur, jumlah air liur dalam mulut kita akan berkurang. Padahal, fungsi air liur ini salah satunya adalah menetralisir zat asam yang menyebabkan gigi rapuh, sehingga mudah ditembus oleh kuman-kuman yang merusak gigi. Apabila kita menyikat gigi malam hari, setidaknya kuman jahat di mulut akan bersih, sehingga tidak mengancam keadaan gigi yang sedang diliputi zat asam .

2. Mencegah bau tak sedap di pagi hari

Apabila kita tidak menyikat gigi pada malam hari, saat kita bangun pagi mulut kita akan mengeluarkan bau tak sedap. Hal itu terjadi karena kuman-kuman dalam mulut berkembang biak sangat cepat. Tetapi, kalau kita menyikat gigi pada malam hari sebelum tidur, kuman-kuman jahat di mulut akan bersih dan sulit untuk berkembang biak karena gigi dan ruangan dalam mulut bersih dan terlindungi oleh zat-zat khusus yang terkandung dalam pasata gigi.

3. Kebiasaan makan di malam hari

Kebiasaan makan atau nyemil pada malam hari boleh-boleh saja dilakukan, asal setelah makan atau sebelum tidur menyikat gigi terlebih dulu. Kalau tidak, kita akan rugi, karena zat-zat dan sisa-sisa makanan akan menempel dan menyelip pada sela-sela gigi. Sisa-sisa makanan ini akan menjadi rumah yang nyaman bagi kuman-kuman jahat. Apabila kita tidak menyikat gigi, kuman-kuman akan senang karena kuman bisa berkembang biak dengan aman dan cepat. 

Tips:

Lakukan sikat gigi sebelum tidur.

Setelah sikat gigi, langsung tidur. Jangan tergoda untuk nyemil lagi.

Gunakan sikat gigi yang halus agar bulu-bulunya bisa menjangkau sela-sela gigi yang perlu dibersihkan.

Gunakan pasta gigi yang terjamin kualitasnya, agar gigimu benar-benar bersih dan terlindungi.