Patung Terakota Menghiasi Pantai Tongaci di Bangka

By Syanne Ayuresta, Rabu, 12 April 2017 | 05:30 WIB
Sumber foto: kompas.com (Syanne Ayuresta)

Untuk menyaksikan patung pasukan terakota, kita tak perlu datang ke Tiongkok. Kita bisa menemukannya di Pantai Tongaci, Sungailiat, Bangka Belitung. Pantai Tongaci berada 35 kilometer dari Bandara Depati Amir Pangkal Pinang.

Pantai Tongaci

Salah satu pantai di Bangka yang sekarang sedang ramai dikunjungi adalah Pantai Tongaci. Pantai Tongaci terletak di Sungailiat, Kabupaten Bangka Induk.

Selain menikmati pantainya yang indah, di Tongaci kita dapat menyaksikan replika pasukan terakota, peningalan Dinasti Qin. Sekitar 50 patung pasukan terakota hadir sejak bulan Maret 2017 lalu. Keberadaan patung terakota ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung pantai.

Karya dalam negeri

Replika pasukan terakota ini dibuat dari bahan dasar semen. Setiap patung dibuat sesuai dengan bentuk patung aslinya, lengkap dengan tombak, atribut, bahkan detail ekspresi kerutan wajah para pasukan dengan pakaian khas kekaisaran Dinasti Qin. Patung-patung tersebut merupakan hasil karya pematung dari daerah Jawa Timur.

Tujuan edukasi

Patung pasukan terakota ini dipasang di Pantai Tongaci, selain untuk daya tarik pantai agar banyak dikunjungi turis, juga untuk media edukasi.

Dengan menyaksikan patung terakota, setidaknya pengunjung akan mencari tahu, siapa sebenarnya patung itu. Dengan mencari tahu sejarah patung terakota, pengunjung akan bertambah pula pengetahuannya.

Pasukan terakota

Patung pasukan terakota aslinya terletak di dekat makam Kaisar Qin Shi Huang, kaisar pertama Dinasti Qin. Jumlahnya 8 ribuan lebih. Patung terakota terbuat dari tanah liat. Konon, terakota dibangun tahun 210 SM untuk menjaga dan melindungi Kaisar Qin setelah kematian. Kompleks bangunan terakota kini sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.