Berendam di Pemandian Air Panas Ciater, Cukup 30 Menit

By Syanne Ayuresta, Rabu, 12 April 2017 | 07:46 WIB
Sumber Foto: kompasiana.com (Syanne Ayuresta)

Kalau sedang jalan-jalan ke Bandung atau Lembang, jangan lupa mampir di pemandian air panas Ciater. Di kolam air panas alami ini, kita bisa berendam dan bermain air sepuasnya.

Desa Ciater

Pemandian air panas Ciater terletak di Desa Ciater, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Lokasinya terletak tidak jauh dari kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu.

Pemandian air panas Ciater merupakan pemandian alami. Air panasnya berasal dari mata air yang muncul di kaki gunung Tangkuban Perahu.  Gunung Tangkuban Perahu termasuk gunung yang masih aktif. Selain kawahnya memunculkan gas belerang, di beberapa tempat ditemukan mata air panas.

Cukup 30 menit saja

Untuk berendam air panas, sebaiknya kita tidak langsung masuk ke dalam air panas. Awali dengan duduk-duduk di pinggir kolam, sambil mencelupkan kaki ke dalam air. Dengan cara itu, tubuh kita akan menyesuaikan diri dengan suhu air yang cukup panas.

Setelah beberapa menit menyesuikan diri dengan air panas, pelan-pelan kita boleh masuk ke air untuk berenang atau bermain air.

Bermain air di air panas Ciater pun tidak boleh lama-lama karena air panas ini mengandung zat belerang cukup tinggi. Cukup 20 sampai 30 menit saja, lalu kita istirahat. Sebab kalau terlalu lama, zat belerang ini bisa membuat kita mual dan pusing.

Setelah istirahat beberapa menit, kita boleh mengulangi lagi bermain air. Selesai main air, kita membersihkan badan dengan mandi.

Manfaat berendam air panas adalah bisa membuat badan kita segar. Konon, berendam air panas alami seperti di Ciater juga bermanfaat untuk kesehatan, seperti bisa mengeluarkan racun, mengobati penyakit kulit, mengobati jerawat, mengobati rematik, dan lainnya.