6 Fakta Unik Domba, Selain Diperah Susunya

By Petronela Putri, Rabu, 12 April 2017 | 07:24 WIB
Kawanan domba (Foto: pixabay.com) (Petronela Putri)

Domba atau biri-biri merupakan hewan yang banyak dipelihara untuk diambil rambutnya dan diolah menjadi wol. Selain itu, hewan ini juga dimanfaatkan susu serta dagingnya. Tetapi sebenarnya ada 6 fakta unik yang lain yang perlu kamu ketahui.

1. Domba memiliki daya ingat yang baik

Daya ingat domba cukup baik, bahkan kurang lebih sama dengan daya ingat manusia. Sebab, domba mampu mengingat puluhan orang dalam satu tahun.

2. Domba hewan yang mandiri

Tahukah teman-teman, bahwa domba adalah hewan yang mandiri, bahkan bisa menyembuhkan dirinya sendiri jika sakit. Domba bisa memilih tanaman mana yang bisa menyembuhkan penyakitnya.

3. Ibu domba bisa membedakan mana yang anaknya dan mana yang bukan

Meski dari jarak jauh dan umumnya semua domba terlihat sama, namun ibu domba bisa mengenali anaknya dan membedakan anak domba tersebut dengan anak domba yang lain.

4. Domba memiliki pemimpin dalam kawanannya

Biasanya seluruh domba dalam sebuah kawanan akan lebih taat dan mematuhi pimpinannya. Maka ketika sudah tahu mana domba yang merupakan pimpinan, akan lebih mudah untuk mengatur domba yang lainnya.

Biasanya ketika pintu kandang terbuka, maka pemimpin inilah yangakan keluar lebih dulu, kemudian diikuti domba kawanannya.

5. Daging domba berwarna merah

Di dalam daging domba terkandung banyak zat besi, dan umumnya daging domba berwarna merah.

6. Domba merino, yang kini dikembangbiakkan di Indonesia

Di Indonesia, salah satu jenis domba yang sedang banyak dikembangbiakkan adalah jenis domba merino. Jenis domba ini memang penghasil daging yang baik dan memiliki pertumbuhan yang cepat.