Menyusuri Gua Es di Alaska

By Marisa Febrilian, Rabu, 12 April 2017 | 09:25 WIB
Gua Es Alaska (Marisa Febrilian)

Sst! Gua ini memiliki dinding yang sangat dingin, lo. Katanya, gua ini dapat bersinar. Wah benarkah begitu?

Gletser Mendehall

Namanya adalah Gua Mendenhall. Letaknya berada di Kota Juneau, Tenggara Alaska, Amerika Serikat. Gua es ini merupakan bagian dari Gletser Mendenhall. Bongkahan es di sana terbentuk dalam waktu yang sangat lama. Tak heran, kalau dinding gua Mendenhall ini terbentuk dari es. O ya, Gletser Mendenhall ini juga dijadikan sebagai kawasan konservasi, namanya Mendenhall Glacier Recreation Area.

Bercahaya biru

Kalau biasanya suasana gua itu gelap, berbeda dengan gua es ini. Gua es Mendenhall justru memancarkan cahaya indah. Dinding gua yang bercahaya itu, tampak seperti kaca berwarna biru. Bebatuan di dalamnya juga memancarkan warna kebiru-biruan. Sst! Rupanya, di dalam gua es ini terdapat air terjun yang mengalir dari atas langit-langit gua. Wow! Semakin menambah keindahan gua di dalamnya, deh!

Tempat wisata

Selain menjadi keajaiban alam, gua ini ramai dikunjungi wisatawan. Nah, wisatawan yang akan melihat keindahan gua es ini, harus mendaki gletser Mendenhall dulu. Panjang gletsernya mencapai 19 km.  O ya, saat mendaki, jangan lupa mengenakan pakaian hangat ya, soalnya suhu di gua es ini bisa mencapai 0 derajat. Whiiihh! Dinginnya.

Sayangnya, keberadaan gua es ini semakin terancam, akibat pemanasan global. Dinding gua es ini perlahan-lahan semakin meleleh.

Foto : creativecommons.org