Siput Laut Ini Bisa Menahan Beban 1.500 Kilogram

By Iveta Rahmalia, Minggu, 13 Agustus 2017 | 09:05 WIB
Limpet Punya Gigi Super Kuat. (Iveta Rahmalia)

Teman-teman pasti tidak menyangka, kalau gigi siput laut mungil berjenis limpet ini bisa menahan beban sampai 1.500 kilogram! Yap, limpet memang punya gigi super kuat.

Lebih Kuat dari Serat Anti Peluru

Selama ini, banyak penelitian yang menunjukan bahwa jaring laba-laba kuat menahan beban berat. Ternyata, setelah diteliti lebih jauh, gigi limpet jauh lebih kuat dari jaring laba-laba, lo. Bahkan, gigi limpet lebih kuat dibandingkan serat fabrik bernama kevlar. Serat fabrik ini biasa digunakan untuk bahan pembuatan rompi anti peluru karena kekuatannya.

Menempel di Karang

Siput laut yang bernama latin Patella Vulgata ini hidup dan tersebar di samudera. Ia juga sering ditemui di perairan paling dalam, lembah yang gelap, dan bahkan di perairan yang memiliki gelombang kuat.

Limpet punya cangkang kerucut yang mirip seperti cangkang kerang. Biasanya, limpet menempel di karang untuk mencari mangsa yang bersembunyi di sela-sela kerang. Jika sudah menemukan mangsanya, limpet akan membuka mulutnya dan mengunyah mangsa dengan giginya yang super kuat.

Gigi Limpet

Gigi limpet sangat kecil! Ukuran giginya hanya 1 milimeter atau 100 kali lebih tipis dari rompi anti peluru dan kerangka sepeda. Wajar saja gigi limpet itu super kuat, karena menurut penelitian, gigi limpet itu terdiri dari campuran material oksida besi dan kitin yang berfungsi sebagai plastik alami.

Wah... wah... kita jangan mau kalah dengan limpet yang punya gigi super kuat ini! Yuk, jaga dan rawat gigi kita supaya tetap kuat!