Apa yang Terjadi Jika Kita Berhenti Makan Daging? Salah Satunya Kekurangan Nutrisi

By willa widiana, Rabu, 12 April 2017 | 09:48 WIB
Apa yang terjadi jika kita berhenti makan daging? (willa widiana)

Selama ini, daging selalu menjadi salah satu makanan yang harus dikonsumsi, karena daging mengandung banyak protein, juga zat besi. Apa yang akan terjadi jika kita berhenti makan daging? Berdasarkan survey yang dilakukan oleh British Social Attitute, ada beberapa hal yang akan terjadi saat kita berhenti mengonsumsi daging.

1. Berat badan menurun

Menurut tim dari Georger Washington University School of Medicine, saat berhenti mengonsumsi daging, hal pertama yang akan terjadi pada tubuh adalah penurunan berat badan. Menurut riset yang diterbitkan di Journal of the Academy of Nutrition and Dietecs, orang yang berhenti mengonsumsi daging, berat badannya akan berkurang lima kilogram (tanpa harus memikirkan asupan kalori atau olahraga).

2. Bakteri dalam usus berubah

Di Bumi ini ada orang pemakan daging, vegetarian, dan vegan. Orang vegetarian tidak mengonsumsi daging, tetapi masih mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, seperti susu atau telur. Nah, kalau orang vegan tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan sama sekali. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh City University New York, usus orang vegan memiliki bakteri pelindung lebih banyak, daripada orang yang bukan vegan. 

3. Kekurangan nutrisi

Saat berhenti mengonsumsi daging, otomatis kita tidak akan mendapatkan zat besi, vitamin B, dan vitamin B12. Tetapi, kamu jangan khawatir, karena nutrisi tersebut bisa kita dapatkan dari makanan lain, seperti kacang-kacangan, buah, sayuran berdaun hijau, sereal yang mengandung zat besi, dan juga tempe.

4. Risiko kanker berkurang

Berdasarkan laporan terakhir yang dilakukan oleh WHO, daging olahan dikategorikan sebagai makanan yang bisa menyebabkan kanker. Nah, jika kita menghentikan konsumsi daging, berarti kita bisa mengurangi risiko kanker. Tapi, hal itu harus didampingi dengan gaya hidup sehat, ya!

5. Risiko sakit jantung berkurang

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Lerner Research Institute di AS, karnitrin (zat gizi yang ada di dalam makanan hewani) bisa menyebabkan reaksi mikroba usus yang berujung dengan terjadinya penyakit jantung. Jika kita menghentikan konsumsi daging dan melakukan gaya hidup sehat, maka risiko sakit jantung pun akan berkurang.

Sumber: Kompas.com, Foto: pixabay.com