Probiotik dan Prebiotik, Itu Apa?

By willa widiana, Rabu, 12 April 2017 | 09:59 WIB
Probiotik dan Prebiotik Itu Apa? (willa widiana)

Kamu pasti sering mendengar makanan atau minuman yang mengandung probiotik atau prebiotik. Akan tetapi, apakah kamu tahu probiotik dan prebiotik itu apa?

Perbedaan probiotik & prebiotik.

Menurut artikel yang Bobo baca di dokter.id, Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang secara alami ada di dalam tubuh kita, tepatnya di dalam sistem pencernaan. Mikroorganisme yang hidup dalam pencernaan kita itu ada banyak jenisnya, misalnya Lactobasillus, Bifidobacterium, dan Enterococcus.

Mikroorganisme ini mempunyai beberapa tugas, seperti membantu proses pencernaan, menetralkan atau menghilangkan racun, hingga menjaga sistem imun kita.

Agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik, mikroorganisme baik yang ada di dalam sistem pencernaan kita itu memerlukan makanan atau nutrisi yang bernama Prebiotik.

Dari mana asalnya?

Prebiotik bisa kita dapatkan dari berbagai makanan, seperti susu, buah-buahan, kacang polong, gandum, sayuran, hingga bawang putih dan bawang merah. Saat ini, sudah banyak makanan dan minuman yang mengandung prebiotik, misalnya roti, biskuit, yoghurt, dan masih banyak lagi. Jadi, kamu tidak akan kesusahan mencari makanan atau nutrisi untuk mikroorganisme baik di dalam tubuhmu.

Dijaga

Selain diberi makan dan nutrisi, mikroorganisme baik yang ada di dalam sistem pencernaan kita juga harus dijaga. Cara menjaganya cukup mudah, kok, yakni dengan cara menjaga kebersihan makanan dan minuman, menjaga tubuh agar tetap sehat, tidur yang cukup agar tidak gampang stres, dan tentunya tidak mengonsumsi antibiotik secara berlebihan.

 Foto: Creative Commons