Rumah Modern yang Unik

By willa widiana, Rabu, 12 April 2017 | 10:02 WIB
Rumah ZEB (willa widiana)

Rumah unik itu bernama ZEB.  Rumah yang dirancang oleh Snohetta bersama Research Center on Zero Emision Building ini berada di Larvik, Norwegia.

Unik dan ramah

Selain unik, rumah ZEB juga ramah lingkungan, karena menggunakan panel surya di bagian atapnya. Dengan panel itu, rumah ini bisa memproduksi listriknya sendiri. Oiya, karena atapnya dijadikan panel surya, maka atap rumah ini harus dimiringkan hingga 19 derajat. Kenapa demikian? Tentu saja untuk menyerap cahaya matahari secara maksimal.

Menjalankan mobil

Listrik yang dihasilkan oleh panel itu cukup untuk menjalankan mobil elektrik hingga 12.500 mil. Jika semua rumah seperti ini, bisa kamu bayangkan, berapa banyak BBM yang bisa dihemat? Lalu, berapa banyak uang yang bisa disimpan?

Arah datang matahari

Untuk membangun rumah ini banyak hal yang harus diperhitungkan. Salah satunya adalah sudut datangnya matahari. Jika kita salah membangun arah atap, maka panel yang ada di bagian atap tidak akan maksimal saat menyerap sinar matahari.

Jika sudah begitu, listrik yang dihasilkan pun tidak akan maksimal. Jadi, sebelum membangun rumah ZEB, kita benar-benar harus mengetahui dulu dari arah mana sinar matahari datang. Di Australia, misalnya, rumah harus dicondongkan ke arah utara.

Foto: Kompas.com