3 Alasan Mengapa Kita Harus Mengonsumsi Sayuran

By Putri Puspita, Kamis, 13 April 2017 | 02:27 WIB
Ayo makan sayur! (Foto: kompas.com) (Putri Puspita)

Makanan menentukan kesehatan seseorang, salah satunya adalah makan sayur. Namun, banyak di antara kita sering tidak suka sayuran, padahal sayuran adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat penting. Berikut ini 3 alasan mengapa kita harus mengonsumsi sayuran.

1. Mengandung vitamin dan mineral

Di dalam sayuran terdapat kandungan vitamin dan juga mineral penting seperti vitamin A, C, E dan kalsium yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel dan juga membangun jaringan tubuh. Sayuran kaya akan kandungan serat yang tinggi, sehingga perut merasa kenyang dan juga mencegah sembelit

2. Menurunkan resiko sakit

Banyak penyakit yang menyerang ketika seseorang kurang mengonsumsi sayuran. Ketika mau mengonsumsi sayur, maka hal tersebut mampu menurunkan risiko penyakit jantung,kanker dan darah tinggi serta beberapa penyakit lainnya. Sayuran ternyata memberi dampak sampai dewasa. Sayuran juga mampu menurunkan resiko anak terhadap  penyakit jantung dan kolesterol di saat kita menginjak dewasa nanti.

3. Mencegah kelebihan berat badan

Sayuran juga dapat mencegah terjadinya kelebihan berat badan karena dalamnya terdapat  zat-zat yang rendah kalori dan juga lemak. Walau pun rendah lemak,  sayuran memiliki nutrisi yang tinggi yang mampu diserap oleh tubuh dengan sempurna. Hal ini membuat anak-anak bisa mencegah obesitas ketika mengonsumsi sayuran.