Mengapa Penyu Bertelur di Darat?

By willa widiana, Kamis, 13 April 2017 | 10:04 WIB
Telur penyu yang ada di dalam lubang. (willa widiana)

Penyu merupakan salah satu reptil yang hidup di laut. Penyu jantan akan menghabiskan hidupnya di laut. Penyu betina juga sama, tetapi mereka akan berkunjung ke darat saat musim bertelur tiba. Mengapa mereka tidak bertelur di laut saja?

Panas

Suhu di dalam air pasti akan lebih dingin, dibandingkan suhu di darat. Padahal, telur penyu harus disimpan di tempat yang hangat agar bisa menetas. Daratan merupakan tempat yang hangat, suhunya juga lebih stabil. Nah, hal itulah yang membuat penyu meletakkan ratusan telurnya di darat.  Jika tidak mendapat panas, telur-telur itu tidak akan menetas.

Jenis kelamin penyu ditentukan oleh suhu selama masa inkubasi. Suhu hangat akan membentu penyu betina, sedangkan suhu yang lebih dingin akan membentuk penyu jantan.

Oksigen

Selain panas, telur penyu juga memerlukan oksigen untuk bernapas. Jika telur penyu disimpan di dalam air, telur tersebut tidak akan bisa bernapas dan akan mati sebelum menetas. Oiya, saat menetas, bayi penyu juga memerlukan oksigen untuk hidup. Jika mereka menetas di dalam air, mereka tidak bisa bernapas dan akan mati saat menetas.

Saat sudah menetas, bayi penyu akan menghadapi ancaman predator. Jadi, ketika keluar dari tanah, mereka harus bergerak cepat ke arah laut.

Foto: Creative Commons