Apa Itu Magnet?

By Marisa Febrilian, Kamis, 13 April 2017 | 09:54 WIB
Magnet adalah benda yang bisa menarik benda lain seperti logam (Marisa Febrilian)

Sst! Benda ini dapat menarik benda lain seperti besi dan baja. Tebak? Hmm, magnet? Yup, betuuul.

Magnet berasal Kota Magnesia

Kata magnet atau "magnet" berasal dari nama kota di Yunani pada zaman dahulu kala, yaitu kota Magnesia. Tempat di mana mula-mula ditemukan besi yang mempunyai kekuatan magnet. Besi itu disebut besi magnet atau besi berani. Tapi orang-orang Cina telah lebih dulu mengetahui adanya sifat batu magnet.

1. Ada magnet yang bisa ditambang dari bumi. Ini disebut magnet alam. Sebenarnya bumi kita adalah magnet raksasa dengan dua kutub magnet. Yaitu Kutub Utara dan Kutub Selatan.

2. Kompas magnet mempunyai jarum magnet. Jarum ini dipasang sedemikian rupa sehingga bisa bergerak bebas. Bila diletakkan mendatar, ujung jarum menunjuk ke Utara, ke kutub magnet bumi. Kompas dipakai oleh pelaut dan pengembara sebagai penunjuk jalan.

3. Magnet pun bisa kita buat. Ini disebut magnet buatan. Coba lekatkan sebatang paku pada magnet. Kemudian sentuhlah paku itu ke jepitan kertas. Jepitan kertas akan menempel. Walaupun magnet dilepas dari paku, paku akan tetap menarik jepitan kertas. Artinya kita membuat magnet dengan cara memasukkannya ke paku. Hal ini disebut induksi.

Besi yang disebut magnet

Ada banyak magnet dibuat dari besi dan baja. Atau campuran aluminium, nekel, kobalt, dan besi. Magnet campuran ini sangat kuat.

1. Batu besi yang disebut magnet punya dua sifat.

a. Jika digantung bebas, atau diapungkan di air, batu besi itu akan menunjukkan ke utara dan selatan.

            b. Batu besi menarik besi lain yang lebih kecil.

2. Magnet ada dua: magnet sementara dan magnet tetap. Magnet sementara biasanya dibuat dari besi. Daya magnetnya hanya dapat disimpan dalam waktu yang pendek. Magnet tetap dibuat dari baja. Kekuatan daya magnetnya lama.

Magnet untuk kompas

Besi magnet juga bisa digunakan sebagai penunjuk arah atau kompas. Kenapa? Karena magnet memiliki kutub yang akan saling menempel atau berdekatan dengan kutub yg berlainan. Dan bumi sendiri memiliki medan magnetik yang disebut geo magnetik di utara dan selatan. Dengan demikian, magnet dapat dipakai untuk memberi petunjuk arah dan dipakai sebagai kompas

Keren, ya. Selain menarik benda lain, magnet juga punya manfaat lainnya. Nah, siapa yang sudah pernah menggunakan magnet?