Mengapa Kita Harus Belajar Sejarah?

By Putri Puspita, Sabtu, 15 April 2017 | 02:47 WIB
Asiknya Belajar Sejarah (Foto: wikia.net) (Putri Puspita)

Banyak yang beranggapan bahwa belajar sejarah adalah suatu kegiatan yang sulit karena banyak hafalan tanggal, nama tempat, dan lainnya. Namun, belajar sejarah sebenarnya membuat kita memiliki wawasan yang lebih luas. Berikut adalah 4 hal yang membuat kamu harus belajar sejarah.

Pengalaman

Sejarah memberikan kita pengalaman tanpa perlu merasakan langsung. Kita tidak perlu ada dalam arena perang tetapi kita menjadi dapat membayangkan bagaimana perasaan pada saat perang berlangsung.

Pengalaman-pengalaman ini pun akhirnya membuat kita mmeiliki pengetahuan baru akan hal-hal yang telah terjadi. Ketika itu salah, kita bisa menghindar dari pengulangan dan kita juga menjadi tahu apa yang harus kita teruskan.

Masa Depan

Melalui pengetahuan mengenai hal-hal yang telah terjadi, kita menjadi punya kemampuan untuk memprediksi yang mungkin terjadi ke depannya. Jika dulu kita berperang karena diadu domba, maka supaya itu tidak terjadi di masa depan, maka kita harus cerdas menerima saran dan pendapat.

Sebuah Cerita

Sejarah bukanlah sebuah hafalan melainkan sebuah cerita. Melalui belajar sejarah, kita menjadi tahu asal mula terjadinya suatu hal, melihat perubahan zaman, dan juga budaya-budaya dulu dan sekang.

Nilai-nilai

Belajar sejarah juga sarat akan nilai-nilai. Melalui sejarah, kita menjadi tahu bahwa persatuan, toleransi dalam perbedaan, nasionalisme, dan nilai-nilai lainnya merupakan hal yang penting untuk ditanamkan pada diri sendiri.