Tiram yang Kaya Nutrisi

By Putri Puspita, Sabtu, 15 April 2017 | 02:48 WIB
Berbagai Macam Tiram (Foto: pangeashellfish.com) (Putri Puspita)

Tiram adalah hewan laut yang memiliki banyak manfaat, seperti penghasil mutiara dan bahan makanan yang bisa dikonsumsi. Namun, harus diperhatikan bahwa tiram penghasil mutiara berbeda dengan tiram untuk dimakan.

Edible oyster

Jenis tiram yang bisa dimakan disebut edible oyster. Ada beberapa jenis tiram yang bisa dimakan, seperti tiram pasifik, kumamoto, atlantik, gepeng, dan Olympia.

Tiram Pasifik memiliki cangkang berwarna ungu atau hijau dna ketika dimasak rasanya manis. Tiram kumamoto adalah tiram yang berasal dari jepang yang memiliki cangkang berbentuk seperti mangkuk, dan ketika dimasak ada rasa sedikit pahit. Tiram Atlantik adalah tiram dengan cangkang mulus dan rasanya lebih asin dibandingkan tira lainnya. Lalu, ada tiram gepeng yang memiliki cangkang berbentuk seperti piring, memiliki daging yang kenyal gurih. Tiram Olympia memiliki bentuk kecil dan ketika dimasak memiliki tekstur krispi, serta rasa yang manis.

Kaya nutrisi

Kandungan dalam tiram sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sehingga disarankan untuk dikonsumsi anak-anak. Tiram kaya akan kandungan Zync yang penting untuk daya tahan dan metabolisme. Mineral Zync ini juga baik untuk pembentukan sel baru. Protein ini juga penting untuk mengganti sel-sel yang rusak dan pembentukan kolagen yang penting untuk pertumbuhan anak-anak.

Tiram kaya akan vitamin A yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan sel baru. Lalu, tiram juga tinggi protein yang penting untuk daya tahan dan kekebalan tubuh. Tiram juga mengandung vitamin C yang penting untuk kekebalan tubuh dan untuk memperkuat pembuluh darah.