Tidak Semua Kangguru Memiliki Kantung

By Petronela Putri, Sabtu, 15 April 2017 | 02:32 WIB
Ibu kangguru dan anaknya (Foto: fadillanurfauziah.blogspot.co.id) (Petronela Putri)

Kangguru adalah hewan asal Australia yang sangat lucu dan menyimpan bayinya di dalam kantung. Tetapi mengapa mamalia yang satu ini membawa-bawa anaknya di dalam kantung?

Hewan yang kuat dan jago loncat

Fakta apa saja yang teman-teman ketahui tentang kangguru selain berasal dari Australia dan merupakan hewan mamalia? Sebenarnya kangguru ini sangat jago loncat, lo! Meski tidak memiliki 4 kaki seperti hewan lainnya, tapi kangguru memiliki kaki-kaki yang kuat. Hanya dengan 2 kaki ia bisa meloncat hingga kecepatan mencapai 70 kilometer/jam.

Kantung sebagai rumah bagi bayi kangguru

Keunikan hewan ini ada pada kantungnya. Di kantung itulah bayi kangguru akan tinggal. Ibaratnya, kantung ibu kangguru adalah rumah bagi anaknya. Ketika bayi kangguru hendak lahir, maka ibu kangguru akan membersihkan kantungnya agar si bayi nantinya merasa nyaman berada di sana.

Kehidupan bayi kangguru

Ketika baru lahir, seekor bayi kangguru berukuran sangat kecil, bahkan sangat lemah. Bayi ini akan bergerak pelan menuju kantung ibunya, kemudian masuk ke sana. Sesampainya di dalam ia akan menyusu kepada ibu kangguru dan tetap tinggal di sana hingga tumbuh dewasa. Bayi kangguru juga makan dan tidur di dalam kantung.

Masa tinggal bayi di dalam kantung ibu kangguru juga termasuk lama, lo, teman-teman. Seekor bayi kangguru bisa tinggal hingga 40 minggu di dalam kantung ibunya, sampai ia perlahan tumbuh besar dan menjadi lebih kuat. Setelah melewati masa 40 minggu, seekor anak kangguru baru akan keluar dari kantung sang ibu.

Hanya kangguru betina yang memilki kantung

Ternyata, kangguru yang memiliki kantung hanya seekor kangguru betina. Kangguru jantan tidak memiliki kantung untuk menyimpan anak. Kangguru betina memiliki kantung sebab ia menyusui anaknya.