4 Fakta Pentingnya Kalsium Bagi Tubuh Kita

By Putri Puspita, Senin, 17 April 2017 | 02:35 WIB
Bahan makanan yang mengandung kalsium (Foto: http://www.health.harvard.edu) (Putri Puspita)

Kalsium adalah salah satu mineral alami yang sangat dibutuhkan tubuh, terutama pada usia anak-anak seperti kita. Menurut penelitian, kalau tubuh anak tercukupi kebutuhan kalsiumnya, maka ia akan berkembang menjadi anak yang sehat, aktif, dan cerdas.

Oleh karena itu, asupan kalsium dalam tubuh harus cukup untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Kebutuhan kalsium ini bisa kita penuhi dengan banyak makan ikan, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan minum susu. Secara singkat, berikut ini 4 fakta pentingnya kalsium bagi tubuh kita. 

1. Penyusun tulang dan gigi

Kalsium adalah salah satu bahan utama penyusun tulang dan gigi. Rendahnya kalsium dalam tubuh bisa meningkatkan risiko kelainan tulang dan gigi. Kondisi ini adalah awal mula terjadinya osteoporosis atau kepadatan tulang menurun

2. Membekukan darah

Kalsium diperlukan dalam pembekuan darah. Bila jumlah kalsium darah kurang, darah akan susah membeku dan luka akan sulit menutup. Kondisi ini bisa berbahaya, karena luka kecil saja bisa mengakibatkan pendarahan hebat.

3. Mendukung kerja otak

Kalsium sangat dibutuhkan untuk pengiriman sinyal dari dan ke otak. Sehingga, kalsium berperan besar bagi daya tanggap, ingatan, konsentrasi, dan kecerdasan. Rendahnya kandungan kalsium dapat berpengaruh bagi lemahnya daya tanggap dan kemampuan kerja otak.

4. Mendukung pergerakan otot

Kalsium juga memiliki peran penting dalam pergerakan otot. Rendahnya kandungan kalsium dalam tubuh manusia akan menurunkan daya gerak otot. Akibatnya, tubuh lebih susah bergerak aktif dan aliran darah bisa terganggu.