Peggy Whitson, Astronaut Perempuan Tertua di Antariksa

By Lita Maha, Senin, 17 April 2017 | 08:50 WIB
Ibu Peggy Whitson, astronaut perempuan tertua di antariksa. (foto : NASA/Alexander Vysotsky) (Lita Maha)

Inilah salah satu perempuan perkasa di antariksa: Ibu Peggy Whitson, astronaut perempuan tertua di antariksa!

Perempuan tertua di antariksa

Ibu Peggy Annete Whitson adalah seorang astronaut perempuan dari NASA. Beliau juga seorang ahli biokimia. Tahun ini, Ibu Peggy berusia 57 tahun. Usianya membuatnya menjadi astronaut perempuan tertua di antariksa.

Astronaut ilmuwan pertama NASA

Ibu Peggy Whitson pertama kali bertugas ke ruang angkasa pada tahun 2002. Saat itu, ia bertugas sebagai kru ilmuwan pertama dari NASA di Stasiun Ruang Angkasa Internasional. Ia bertugas di sana selama 6 bulan. 

Perempuan pertama yang memimpin Stasiun Ruang Angkasa Internasional

Pada tahun 2008, Ibu Peggy kembali bertugas di Stasiun Ruang Angkasa Internasional. Namun, kali itu, ia tidak hanya menjadi kru. Ia menjadi perempuan pertama yang memimpin Stasiun Ruang Angkasa Internasional.

Dua kali memimpin Stasiun Ruang Angkasa Internasional

Bulan November 2016 lalu, Ibu Peggy Whitson kembali meluncur ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional. Ia tidak hanya menjadi astronaut perempuan tertua di antariksa. Ia juga menjadi perempuan pertama yang memimpin Stasiun Ruang Angkasa Internasional sebanyak 2 kali.

Astronaut Amerika terlama di antariksa  

Prestasi Ibu Peggy Whitson belum berhenti. Ibu Peggy berencana ingin menjadi astronaut Amerika yang paling lama berada di antariksa. Saat ini, astronaut Amerika terlama di antariksa adalah Bapak Jeff Williams, yaitu selama 534 hari di antariksa.

Nah, Ibu Peggy seharusnya kembali ke Bumi pada bulan Juni 2017. Tetapi, ia memperpanjang waktunya di Stasiun Ruang Angkasa Internasional. Jadi, ia baru akan pulang pada bulan September 2017. Wah, lama banget dari November 2016 sampai September 2017!

Ada satu lagi prestasi Ibu Peggy Whitson. Ia telah menjalani 6 kali space walk, dengan total waktu 39 jam, 46 menit. Wah, wah, Ibu Peggy Whitson memang benar-benar perempuan perkasa di antariksa!

Sumber data : NASA