Hang Son Doong, Goa Terbesar di Dunia

By Danastri Permata Putri, Senin, 17 April 2017 | 09:13 WIB
Hang Son Doong, Goa Terbesar di Dunia | Foto: bbc.com (Danastri Permata Putri)

Hang Son Doong atau Goa Son Doong terletak di Vietnam, tepatnya di Provinsi Quang Binh. Tahukah kamu, goa ini merupakan goa terbesar di seluruh dunia?

Panjang 9 Kilometer

Goa ini terbentuk sejak 2 hingga 5 juta tahun yang lalu. Lebar Goa Son Doong mencapai lebih dari 200 meter, dengan tinggi 150 hingga 250 meter. Sedangkan panjang goa mencapai 9 kilometer. Wow, panjang juga, ya!

Menyimpan keindahan alam

Karena sangat luas, Goa Son Doong menyimpan berbagai keindahan alam di dalamnya. Ada sungai, stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan, serta masih banyak lagi.

Di dalam goa ini juga ada hutannya, lho! Namanya Garden of Edam. Hutan tersebut terletak di sebuah rongga luas dalam goa dan ditumbuhi berbagai pohon yang tingginya mencapai 30 meter.

Pada bagian langit-langit, terdapat semacam gumpalan awan. Hutan ini dapat terbentuk karena runtuhan langit-langit goa memungkinkan masuknya cahaya, sehingga menyebabkan tumbuhnya berbagai jenis lumut dan tanaman perdu.

Suara aneh

Konon, penduduk setempat tidak ada yang berani memasuki Goa Son Doong, karena goa ini mengeluarkan suara-suara aneh sepanjang hari. Suara-suara yang didengar mirip suara siulan. Itulah sebabnya, walaupun telah ditemukan oleh penduduk setempat pada tahun 1991, namun Goa Son Doong baru dijelajahi oleh Howard Limbert dan dikenal penduduk dunia pada tahun 2009.

Bukan mistis

Ssstt, ternyata suara-suara yang ditakuti penduduk setempat bukanlah sesuatu yang berbau mistis, lho. Suara tersebut berasal dari angin dan juga sungai bawah tanah yang arus airnya sangat deras, sehingga suara-suara itu bergema dan terdengar menyeramkan.

Wah, seru juga ya, kalau menjelajah di dalam goa terbesar di dunia ini!