5 Manfaat Belajar Musik

By Aisha Safira, Senin, 17 April 2017 | 08:49 WIB
Belajar musik membawa pengaruh positif lo! Foto: pianoforkids.co (Aisha Safira)

Apakah kamu suka bermain musik? Kalau tidak, mulailah belajar karena bermain musik dapat membawa dampak positif lo bagi dirimu.

Musik dapat mempengaruhi emosi kita. Ketika kita mendengarnya, kita bisa merasa senang, sedih, tenang bahkan bersemangat. Lebih baik lagi kalau kamu bisa memainkan salah satu alat musik. Contohnya seperti piano, gitar, harmonika, biola atau yang lainnya. Mengapa begitu? Karena musik dapat membawa pengaruh positif untuk dirimu. Apa saja pengaruhnya?

1. Meningkatkan koordinasi tubuh

Dengan bermain musik, koordinasi tubuhmu akan meningkat. Misalnya saja ketika bermain piano, awalnya jarimu masih belajar berpindah dari tuts satu ke yang lain. Lama kelamaan akan jari-jarimu akan semakin lancar berpindah-pindah tuts. Koordinasi antara tangan dengan matamu juga akan menjadi lebih baik. Ditambah lagi dengan kaki yang harus menginjak pedal di bawah piano.

2. Melatih konsentrasi dan ketekunan

Tanpa konsentrasi dan ketekunan akan sulit untuk menguasai permainan alat musik. Jadi kamu harus berkonsentrasi ketika bermain musik. Kamu juga harus tekun dan terus berlatih. Barulah kamu bisa menguasai suatu alat musik. Ketekunan dan konsentrasi ini juga bisa memudahkanmu dalam belajar di sekolah.

3. Menumbuhkan kreativitas

Belajar musik akan membuat semakin kreatif. Mengapa? Karena dengan bermain musik, otak kananmu akan semakin terasah. Dengan begitu, kreativitasmu akan terus berkembang. Kamu akan bisa membuat musik dan lagu sendiri lo!

4. Membantu mengingat

Belajar musik juga akan meningkatkan daya ingatmu. Ketika belajar musik, kamu harus mengingat berbagai kunci dan menghafalkan banyak lagu. Otakmu akan menjadi terlatih untuk mengingat. Hal ini juga dapat membantumu dalam belajar. Kamu bisa cepat menghafal rumus dan pelajaran lainnya deh.

5. Memperkenalkanmu dengan berbagai budaya

Ketika kamu bermain musik, kamu pasti ingin mendalaminya dan menguasai berbagai macam lagu. Kamu juga pasti ingin mengetahui sejarahnya. Kamu bisa mempelajari berbagai macam alat musik bahkan yang berasal dari daerah. Indonesia mempunyai banyak sekali alat musik daerah. Setiap daerah alat musiknya berbeda-beda lo. Dengan mempelajarinya, kamu bisa mengenali berbagai macam budaya. Tidak hanya budaya Indonesia tapi juga mancanegara.