5 Kebiasaan Buruk Saat Menggunakan Laptop

By Syanne Ayuresta, Sabtu, 7 Oktober 2017 | 05:15 WIB
Ilustrasi: Ode | Bobo.ID (Syanne Ayuresta)

Apakah kamu sering menggunakan laptop dalam waktu yang lama? Menggunakan laptop memang lebih gampang dan praktis dibanding menggunakan PC. Namun, sebaiknya kita mengetahui 5 kebiasaan buruk yang sering tidak kita sadari dalam menggunakan laptop.

1. Menggunakan laptop di tempat tidur

Menggunakan laptop di tempat tidur memang nyaman. Tetapi hal tersebut sebenarnya sangat tidak dianjurkan bagi kesehatan. Sebab lambat laun dengan durasi (waktu) penggunaan laptop yang lama membuat otot-otot dan tulang di pinggang dan punggung kita sakit. Sebaiknya hindari menggunakan laptop di tempat tidur. Gunakan laptop di meja dan duduklah dengan menggunakan kursi yang ada sandarannya.

2. Lubang kipas tertutup sprei atau selimut

Hal kecil ini kadang luput dari perhatian kita. Saat menggunakan laptop di kasur sambil tiduran, kita kadang menaruh begitu saja laptop di kasur atau di bantal atau di atas selimut. Posisi tersebut membuat lubang kipas tertutup dan laptop cepat panas. Padahal kipas tersebut memiliki fungsi sebagai pendingin perangkat penting di laptop. Apabila udara dari dalam laptop tidak bisa keluar, maka laptop akan cepat rusak. Untuk menghindarinya, sebaiknya letakkan laptop pada bidang datar, seperti meja kecil untuk menggambar.

3. Sambil makan camilan

Kadang kita membuka laptop sambil makan camilan. Menonton Youtube atau main game sambil makan memang asyik, tetapi hal itu merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Pertama, keyboard akan terkena remah-remah camilan, sehingga keyboard cepat kotor dan lama-lama bisa macet. Kedua, pada tombol keyboard banyak kuman yang menempel. Kalau kita makan sambil menggunakan keyboard, otomatis kuman yang ada pada keyboard bisa pindah dan masuk ke mulut bersama makanan dan akan menimbulkan penyakit.

4. Sambil menggunakan headset

Menyetel film atau mendengarkan musik dengan headset memang bagus karena tidak mengganggu orang lain. Tetapi kalau kita terlalu asyik, kadang kita jadi mengabaikan panggilan orangtua atau orang lain. Kalau menggunakan headset, sebaiknya gunakan volume rendah sehingga masih mendengar suara yang ada di lingkungan sekitar. Lagi pula, kalau volumenya terlalu keras, pendengaran kita bisa rusak.

5. Terlalu dekat dengan monitor

Menggunakan laptop dengan jarak terlalu dekat akan membuat mata cepat lelah dan sakit. Apalagi kalau kita terlalu asyik dan berjam-jam menggunakan laptop. Jarak ideal menggunakan laptop sekitar 60 cm. Kalau membaca buku, jaraknya cukup 30 cm.