Bola Berduri si Penghuni Karang

By Marisa Febrilian, Senin, 17 April 2017 | 23:56 WIB
Ikan buntal disebut-sebut sebagai hewan vertebrata air yang paling beracun. (Marisa Febrilian)

Kok ada bola yang berenang di antara karang-karang, ya? Lo, tapi kok, bolanya punya sirip dan ekor, sih? Eh..rupanya itu adalah ikan buntal.

Ikan buntal berasal dari keluarga Tetraodontidae. Ia mendiami perairan tropis. Di Inggris, ikan buntal dikenal dengan nama Puffer Fish atau Balloon fish. Diberi nama begitu,  karena bentuk ikan buntal mirip seperti bola. Kalau di Jepang, ikan buntal disebut fugu. O iya, ikan buntal, di Jepang menjadi makanan yang mahaaal harganya, lo. Soalnya, mengolah ikan buntal ini dibutuhkan keahlian khusus supaya racunnya tidak menyebar. Salah mengolah, bisa menyebabkan kematian. Hiii, seraam!

Bagian paling beracun dari ikan buntal adalah hati dan kulitnya. Racun ikan buntal ini mengandung zat tetrodotoksin. O iya, di lautan, ikan buntal suka tinggal di antara celah karang. Kalau malam hari, ikan buntal baru beraksi mencari makan.

Ikan buntal memiliki empat gigi besar yang terpasang di rahang atas dan bawah. Fungsinya untuk menghancurkan cangkang krustasea dan moluska, makanan yang biasanya dimangsa. Sst! Ikan buntal dapat mengembangkan tubuhnya sampai 3 kali lipat bentuk tubuh aslinya. Wow! Cara ini digunakan untuk melindungi dirinya dari serangan predator. Panjang ikan buntal sendiri sekitar 20-35 cm. Ukuran maksimal ikan buntal mencapai 50 cm.

Di lautan, ada sekitar 121 spesies ikan buntal, lo!

foto : creativecommons.org