Jeepney, Kendaraan Umum dari Filipina

By Marisa Febrilian, Senin, 17 April 2017 | 12:03 WIB
Jeepney, kendaraan umum di Filipina (Marisa Febrilian)

Coba sebutkan jenis kendaraan umum di Indonesia! Ada angkutan kota, bus, bajaj, ojek, dan lain-lain. Nah, di Filipina, ada kendaraan umum unik. Namanya Jeepney dan Tricycle.

Jeepney

Kendaraan yang satu ini menjadi ciri khas kendaraan umum Filipina. Yap! Jeepney. Konon, mobil Jeep ini dipakai oleh tentara Amerika saat Perang Dunia II. Orang-orang Filipina memodifikasi mobil ini menjadi kendaraan umum yang unik. Jeepney dicat dengan warna-warna mencolok dan dilukis di sepanjang badan mobilnya. Taraaaa.. Jeepney menjadi semakin indah.

Tricycle

Nah, lain lagi dengan Tricycle. Kendaraan yang ini mirip dengan bentor alias becak motor. Kalau bentor kendaraan yang sering kita jumpai di Sumatera Utara. Rupanya, di Filipina juga ada kendaraan yang mirip dengan Bentor. Yup! Tricycle. Bedanya, hanya terletak pada kursi penumpangnya. Kalau Bentor, letak kursinya di sebelah kiri, sedangkan kursi Tricyle berada di sebalah kanan. Sst! Ternayata, tidak semua Tricycle digerakkan dengan motor. Ada yang menggunakan sepeda kayuh biasa. Betul-betul kendaraan umum yang unik, ya!

Jeepney, kendaraan umum di Filipina (Marisa Febrilian)

Boleh masuk parkiran mal

O iya, biasanya kendaraan umum itu tidak boleh masuk sampai di parkiran mal. Tetapi, di Filipina, Jeepney dan Tricycle boleh masuk. Waaah! Rupanya, di Filipina, orang-orang kebanyakan lebih senang pergi dengan kendaraan umum. Soalnya, ongkosnya cukup murah. Sekitar 8-20 peso atau sekitar Rp 2.000 sampai Rp 5.000. Karena itulah, pengolal mal justru memberikan parkir khusus untuk kendaraan umum unik ini. Kereeen!

Siapa mau coba naik kendaraan umum unik asli Filipina?

Foto : creativecommons.org